Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Mengenal Yamaha Tmax 500cc Legenda Skuter Matic

Mengenal Yamaha Tmax 500cc Legenda Skuter Matic

Otoinfo – Skuter matic tidak hanya sekadar alat transportasi, tetapi juga menjadi simbol gaya hidup bagi banyak individu. Dalam dunia skuter matic, Yamaha Tmax telah menjelma sebagai ikon yang memukau dengan mesin besar, desain yang keren, dan beragam fitur modern. Meskipun harganya yang tinggi kadang menjadi hambatan, daya tariknya tetap tak terbantahkan bagi para penggemar otomotif di Indonesia. Dengan sejarah yang kaya akan inovasi dan perkembangan yang terus-menerus, Yamaha Tmax 500cc tidak hanya menjadi raja skuter matic, tetapi juga mengukir legenda yang abadi di dunia otomotif. Mari kita telusuri lebih dalam tentang perjalanan gemilang Yamaha Tmax mulai dari awal kemunculannya hingga kehadiran terbarunya

Yamaha Tmax pertama kali diperkenalkan di Naples, Italia, pada tahun 2000 sebelum kemudian melangkah ke Iwata, Jepang. Mengusung mesin 500 cc, skuter matic ini menjadi yang terbesar dan paling bertenaga pada masanya. Ditenagai oleh mesin 500 cc DOHC 8 klep, Yamaha Tmax mampu menghasilkan tenaga mencapai 43 hp dan torsi 47,6 Nm, dengan kecepatan maksimum hingga 160 km/h.

Perkembangan Yamaha Tmax 500cc

Pada tahun 2004, Yamaha menghadirkan sejumlah pembaruan pada Tmax, termasuk penggunaan sistem bahan bakar injeksi, perubahan pada suspensi depan, serta penambahan rem cakram depan dengan fitur ABS. Velgnya juga ditingkatkan dari 14 inci menjadi 15 inci. Pada tahun 2008, Yamaha kembali melakukan penyegaran dengan memberikan bodi baru dan rangka aluminium corrigan. Tak hanya itu, suspensi depan juga diperbesar menjadi 43 mm, kapasitas tangki bahan bakar ditingkatkan menjadi 15 liter, dan ukuran roda depan bertambah menjadi 15 inci. Kemudian, pada tahun 2012, terjadi perubahan besar pada mesin Tmax dengan kapasitas yang dinaikkan menjadi 530 cc, menghasilkan tenaga sebesar 45,9 hp dan torsi 53 Nm.

Tantangan dan Kembalinya Yamaha Tmax

Namun, pada tahun 2016, Yamaha Indonesia menghadapi tantangan saat Yamaha Tmax  tidak lulus uji emisi di Indonesia, di mana standar emisi Euro 3 tidak sejalan dengan standar Euro 4 yang berlaku di Jepang. Meskipun demikian, pada tahun 2018, Yamaha berhasil menghadirkan kembali Tmax ke Indonesia dengan varian tertinggi bernama Yamaha Tmax DX. Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti traction control, cruise control, dan e-adjustable windscreen, Tmax DX berhasil menarik minat pasar dengan harga Rp299 juta hingga tahun 2022.

Yamaha Tmax Terbaru

Pada tahun 2022, Yamaha melakukan pembaruan signifikan pada Tmax dengan desain yang lebih agresif dan mesin berkapasitas 560 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 46 hp dan torsi 55 Nm, dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, mencapai sekitar 20,8 km/liter. Desain terbaru Tmax menampilkan perubahan yang mencolok terutama pada bagian depan dengan lampu rem yang berbentuk huruf T yang elegan. Meskipun belum tersedia secara resmi di Indonesia, minat yang tinggi terhadap Tmax terbaru dimanfaatkan oleh beberapa importir umum, seperti Two Wheelers by Glamor Autobotique, yang berhasil mendatangkan Tmax terbaru dengan harga yang cukup tinggi. Meski mahal, motor ini tetap diminati dan terbukti telah habis terjual sejak kedatangannya. Otoinfo

Baca Juga:  Kawasaki All-New Eliminator 2024 Desain Retro Garang

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.