Otoinfo – Siapa yang tak kenal dengan Suzuki Satria? Motor bebek legendaris ini tidak hanya menjadi ikon pada masanya, tetapi juga dianggap sebagai obat penambah ketampanan bagi para pemuda di mata wanita. Suzuki berhasil menciptakan nama Satria sebagai simbol kekerenan, kekompakan, dan tentu saja, kecepatan yang mengagumkan.
Fenomena kecintaan terhadap Suzuki Satria tidak hanya terjadi pada generasi Satria FU, tetapi juga pada Satria keluaran pertama, yakni Suzuki Satria 120 atau yang lebih dikenal sebagai Satria 2 tak series. Suzuki memperkenalkan Satria 120S, dengan mesin dua tak silinder tegak berkapasitas 120cc dan transmisi 5 percepatan.
Selanjutnya, pada tahun 1998, Suzuki merilis varian Satria 120R yang sudah dilengkapi dengan kopling manual dan transmisi enam percepatan. Dengan peningkatan ini, tenaga mesin meningkat menjadi 13,5 horsepower dan torsi mencapai 13,2 Nm. Suzuki bahkan berhasil mengurangi bobot motor ini dengan menghilangkan komponen electric starter, menurunkan bobot menjadi 100 kg.
Dalam mempromosikan motor ini, Suzuki mengusung slogan yang cukup jumawa, mengklaim Satria 120R sebagai “motor para perfeksionis” dan “bebek super pertama di Indonesia.” Suzuki juga menyoroti fitur-fitur unggulan Satria 120R, seperti penggunaan kopling asli dan transmisi enam percepatan.
Tak berhenti di situ, Suzuki terus menggulirkan tonggak inovasi dengan merilis Satria 120R 6-speed pada tahun 1999. Motor ini tidak hanya menawarkan transmisi enam percepatan untuk kinerja yang lebih responsif, tetapi juga dilengkapi dengan sistem rem cakram belakang tipe double disc brake yang meningkatkan keamanan dan kendali.
Tidak hanya itu, Suzuki juga mempersembahkan liveri bertemakan balap yang menciptakan aura racing yang kuat, menambahkan sentuhan dinamis dan menggairahkan pada penampilannya. Dengan langkah-langkah inovatif ini, Suzuki Satria 120R 6-speed tidak hanya menjadi pilihan utama bagi pencinta motor bebek yang menginginkan performa yang unggul, tetapi juga mengukuhkan posisi Suzuki sebagai pionir dalam industri otomotif.
Meskipun kini masa kejayaan Satria 2 tak telah berlalu, namun legenda Suzuki Satria tetap hidup dalam kenangan banyak orang. Meski tidak lagi menjadi motor idola anak muda seperti dulu, Satria 2 tak tetap menjadi motor impian bagi banyak pria yang menolak untuk menjadi tua. Otoinfo.
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer