Otoinfo – Yamaha R1M, motor supersport terbaru dari Yamaha menawarkan desain aerodinamis yang revolusioner untuk meningkatkan efisiensi dan performa. Tim desain Yamaha telah melakukan revisi yang signifikan, fokus pada peningkatan penetrasi motor melalui perubahan desain dan penggunaan fairing serat karbon yang membuat body motor lebih efisien 5,3 persen dibandingkan edisi sebelumnya.
Meskipun terdapat perubahan pada fairing, DNA fundamental Yamaha R1 tetap tidak berubah secara signifikan. Body motor tetap mempertahankan tampilan ramping dan agresif, mencerminkan karakteristik unggul motor supersport.
Bagian depan Yamaha R1M menampilkan dua Headlamp LED yang dipisahkan oleh air-intake yang berperan penting dalam mengkonversi hambatan angin menjadi daya tekan ke bawah saat melaju dengan kecepatan tinggi. Desain aerodinamis juga terlihat pada winglet minimalis di sisi headlamp, memberikan daya tekan ke bawah untuk optimalisasi traksi ban depan.
Spakbor asimetris di bagian bawah headlamp tidak hanya melindungi piston shockbreaker depan dan fairing mesin, tetapi juga memiliki ventilasi besar di bagian belakang untuk mengarahkan angin keluar, memberikan keuntungan aerodinamis secara keseluruhan.
Windshield cembung di bagian atas headlamp memberikan perlindungan aerodinamis dengan desain yang menyerupai kaca kokpit pesawat jet. Stang kemudi model jepit, tangki bahan bakar besar, ketinggian jok, dan penempatan footpeg yang proporsional memberikan posisi berkendara yang merunduk dan ergonomis.
Bagian belakang motor menampilkan stoplamp LED yang intuitif dan desain yang bersih. Meskipun ada opsi untuk tampilan racing-look dengan melepas kaca spion dan spakbor belakang, Yamaha R1M tetap mempertahankan fokusnya pada performa.
Sistem suspensi Yamaha R1M sangat canggih dengan suspensi up-side down dan monoshock dari Ohlins Electronic Racing Suspension NPX. Velg magnesium cast-wheel berukuran 17 inci dan ban spesifikasi balap Bridgestone RS11 memberikan kestabilan dan traksi optimal.
Sistem pengereman Yamaha R1M menggunakan kaliper 4-piston untuk dual disc-brake berukuran 320 mm di roda depan dan single disc-brake berukuran 220 mm di roda belakang. Teknologi Antilock Braking System (ABS) menambahkan tingkat keamanan berkendara dengan memberikan deselerasi yang smooth saat pengereman agresif pada kecepatan tinggi.
Dengan desain aerodinamis yang inovatif dan performa tinggi, Yamaha R1M menjadi pilihan unggul bagi para penggemar motor supersport yang menginginkan pengalaman berkendara yang luar biasa. Otoinfo.