Otoinfo – Kemunculan All New Toyota Agya dan Agya GR Sport telah menciptakan sebuah tonggak bersejarah bagi Toyota di segmen LCGC dan non-LCGC.
Generasi kedua mobil ini membawa angin segar dengan opsi baru, termasuk Toyota Agya GR Sport yang memiliki format non-LCGC.
Yang paling mencolok adalah pertumbuhan dimensi All New Agya series di generasi kedua ini. Tak hanya itu, penggunaan mesin 3 silinder di semua varian juga menarik perhatian kita. Apa sebenarnya alasan di balik perubahan ini?
Mesin 1.200cc 3 Silinder?
Dalam konferensi pers regional peluncuran All New Agya dan Agya GR Sport, kami berkesempatan untuk berbicara dengan beberapa narasumber.
Salah satunya adalah Bapak I Ketut Sutena, Koordinator Wilayah Kepala Bengkel Auto 2000 Jatim. Kami pun meminta penjelasan tentang kedua hal tersebut.
Pak Ketut dengan bijak menjelaskan bahwa salah satu perhatian utama Toyota dalam mengembangkan All New Toyota Agya dan Agya GR Sport adalah efisiensi bahan bakar.
Mesin 3 silinder memberikan keuntungan besar dalam hal ini. Selain itu, karakteristik mobil kecil seperti All New Toyota Agya dan Agya GR Sport identik dengan kelincahan.
Salah satu aspek kelincahan sebuah mobil yang sangat penting adalah torsi. Dengan menggunakan mesin 3 silinder yang memiliki kubikasi 1.200cc, volume kubikasi per silinder naik menjadi 400cc per silinder.
Hal ini berarti torsi yang dihasilkan oleh mesin WA-VE di All New Toyota Agya dan Agya GR Sport meningkat menjadi 113 Nm.
Bandingkan dengan 104 Nm yang dihasilkan oleh varian mesin 3NR-VE 1.200cc 4 silinder. Anda mungkin bertanya tentang getaran yang seringkali menjadi masalah pada mesin 3 silinder.
Toyota telah mengantisipasi hal ini dengan memberikan peredam getaran di beberapa titik dan memperkuat platform mobil ini.
Dimensi Setara dengan Yaris Bakpau
Perubahan dimensi adalah aspek menarik lainnya. Saat ini, All New Agya dan Agya GR Sport memiliki panjang 3.750mm, meningkat 100mm dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Untuk referensi, panjang ini sebanding dengan Toyota Yaris Bakpau masa lalu. Agya sekarang lebih besar dari sebelumnya.
Segaryanto Tejo, Pemilik Asri Motor Toyota, menjelaskan bahwa kebutuhan konsumen kini semakin berkembang, dan salah satunya adalah permintaan akan ruang yang lebih luas.
Terutama di bagian bagasi, karena mobil seperti ini sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh, termasuk untuk mudik. Hasil survei yang dilakukan oleh Toyota menunjukkan bahwa penambahan dimensi adalah keinginan konsumen yang signifikan.
Jadi, inilah dua alasan mengapa All New Toyota Agya dan Agya GR Sport menjadi lebih besar dan mengapa mesin 1.200cc WA-VE dipilih untuk mobil ini.
Bagaimana pendapat Anda, Sahabat AutonetMagz? Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadikan Anda semakin mengenal All New Toyota Agya dan Agya GR Sport. Otoinfo
More Stories
Launching Gloss Motor Bandung, Outlet Baru Angkasa Raya Motor Jadi Pusat Aksesoris & Spare Part Motor Terlengkap
Chery TIGGO Cross CSH Hybrid dan Sport 1.5T Resmi Meluncur di Semarang, Intip Harga dan Spesifikasinya
Intip Harga Mobil Bekas Mitsubishi Xpander Cross 2020, Cuma Segini di Pasaran