Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Mesin Cuma 60 cc, Vespa Darling Lawas Kini Diburu Kolektor, Harganya Tembus Ratusan Juta!

Mesin Cuma 60 cc, Vespa Darling Lawas Kini Diburu Kolektor, Harganya Tembus Ratusan Juta!

Mesin Cuma 60 cc, Vespa Darling Lawas Kini Diburu Kolektor, Harganya Tembus Ratusan Juta!

Otoinfo.id – Siapa sangka, skuter mungil bermesin kecil seperti Vespa Darling kini menjadi incaran kolektor dan pecinta motor klasik. Meski hanya dibekali mesin berkapasitas sekitar 50 hingga 60 cc, Vespa Darling kini ditawar dengan harga fantastis, bahkan tembus ratusan juta rupiah.

Skuter ini pernah mengaspal di Indonesia pada era 1960-an dan kini menjadi barang langka yang penuh nilai sejarah.

Sejarah Singkat Vespa Darling di Indonesia

Menurut penggiat Vespa klasik Edy Mulyono dari Garage Abadi, Vespa Darling pertama kali masuk ke Indonesia sekitar tahun 1963 hingga 1964. Saat itu, unit yang beredar dibekali mesin berkapasitas 50 cc, yang kemudian diperbarui menjadi sekitar 60-90 cc pada generasi berikutnya.

Baca Juga: Resmi Meluncur! Mitsubishi Destinator Tampil Ganteng Maksimal, Harga Mulai Rp 385 Juta

“Di Indonesia sendiri Vespa Darling keluar tahun 1963 sampai 1964 dengan mesin 50 cc,” ujar Edy.

Baca Juga:  Gelombang Retro yang Membahana! Lambretta V200 Special 2024: Klasik yang Mewah, Performa yang Mengagumkan!

Setelah era tersebut, Vespa jenis PTS baru mulai dijual secara resmi oleh PT Danmotor Indonesia (DMI) pada rentang tahun 1976 hingga 1984.

Perbedaan Vespa Darling dan Vespa PTS

Meskipun kerap disamakan, Vespa Darling dan Vespa PTS punya sejumlah perbedaan mencolok, terutama pada bagian bodi dan lampu depan (headlamp).

Baca Juga:  Incaran Kolektor Dunia! 5 Fakta Menarik Mengenai Vespa PTS

“Bedanya dari kepala (headlamp) sama body-nya yang lebih kecil,” jelas Edy.

Vespa Darling memiliki dimensi bodi dan ukuran lampu yang lebih kecil dibanding PTS. Hal ini membuat tampilan Vespa Darling lebih mungil dan imut, cocok bagi penggemar skuter berukuran compact dengan karakter retro kental.

Harga Selangit Meski Mesin Mini

Jangan terkecoh dengan kapasitas mesinnya yang kecil. Karena kelangkaannya, harga Vespa Darling kini bisa setara dengan skuter premium seperti Lambretta, bahkan dilego hingga ratusan juta rupiah tergantung kondisi dan orisinalitas.

Nilai historis, keunikan desain, dan jumlah unit yang terbatas membuat Vespa Darling jadi primadona baru di kalangan kolektor skuter klasik.

Baca Juga:  Kenapa TRAC Adalah Pilihan Tepat untuk Sewa Mobil di Indonesia? Ini Alasannya!

Baca Juga: Baru Meluncur! Nissan X-Trail e-Power Bisa Dibawa Pulang Cuma Modal DP Rp 5 Juta

 Skuter Mungil Bernilai Fantastis

Vespa Darling mungkin terlihat kecil dan sederhana, tapi sejarah dan kelangkaannya membuat skuter ini bernilai sangat tinggi. Bagi kolektor dan penggemar Vespa, skuter ini bukan sekadar kendaraan, melainkan simbol nostalgia dan prestise.

Kalau kamu punya Vespa Darling di garasi, bisa jadi itu adalah “harta karun” bernilai ratusan juta rupiah!

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.