Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Mitsubishi L300, Mobil Legenda yang Pernah Ikut Rally Paris-Dakar

Mitsubishi L300, Mobil Legenda yang Pernah Ikut Rally Paris-Dakar

Otoinfo – Anda mungkin sudah familiar dengan Mitsubishi L300, mobil yang sering digunakan sebagai angkutan umum, kantor keliling, atau bahkan rumah bergerak.

Tapi tahukah Anda bahwa mobil ini pernah ikut serta dalam salah satu ajang balap paling ekstrem di dunia, yaitu Rally Paris-Dakar?

Rally Paris-Dakar adalah kompetisi balap mobil dan motor yang menempuh jarak sekitar 10.000 km dari Paris, Prancis, hingga Dakar, Senegal.

Rute ini melintasi berbagai medan yang menantang, seperti gurun pasir, pegunungan, sungai, dan hutan.

Rally ini diadakan setiap tahun sejak 1978 hingga 2007, sebelum kemudian dipindahkan ke Amerika Selatan dan kemudian ke Arab Saudi.

Mitsubishi L300 pertama kali ikut Rally Paris-Dakar pada tahun 1983, dengan nomor start 211. Mobil ini dikendarai oleh tim asal Jepang, yaitu Kenjiro Shinozuka dan Haruo Otsu.

Mobil ini menggunakan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 170 hp. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda (4WD) dan ban khusus untuk medan off-road.

Mitsubishi L300 berhasil menyelesaikan Rally Paris-Dakar 1983 dengan catatan waktu 28 jam 22 menit 59 detik, dan menempati posisi ke-38 dari 170 peserta.

Ini adalah prestasi yang cukup mengagumkan, mengingat mobil ini bukanlah mobil yang dirancang khusus untuk balap, melainkan mobil yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Mitsubishi L300 tidak hanya ikut Rally Paris-Dakar sekali saja, tetapi juga pada tahun 1984 dan 1985. Pada tahun 1984, mobil ini menggunakan mesin diesel turbo 4 silinder berkapasitas 2.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 180 hp.

Baca Juga:  Panas! Xpander Cross HEV dan Xpander HEV Mitsubishi Segera Hadir di Indonesia

Mobil ini juga mendapatkan beberapa modifikasi, seperti suspensi yang lebih tinggi, bumper depan dan belakang yang lebih kuat, dan lampu tambahan di atap.

Mobil ini dikendarai oleh tim yang sama, yaitu Kenjiro Shinozuka dan Haruo Otsu, dan berhasil menyelesaikan Rally Paris-Dakar 1984 dengan catatan waktu 26 jam 45 menit 12 detik, dan menempati posisi ke-33 dari 146 peserta.

Pada tahun 1985, Mitsubishi L300 kembali menggunakan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc, tetapi kali ini dengan sistem injeksi bahan bakar yang lebih canggih.

Mobil ini juga mendapatkan beberapa perbaikan, seperti sistem pendingin yang lebih baik, sistem rem yang lebih kuat, dan sistem navigasi yang lebih akurat.

Mobil ini dikendarai oleh tim yang berbeda, yaitu Yoshio Iwashita dan Toshihiko Suzuki, dan berhasil menyelesaikan Rally Paris-Dakar 1985 dengan catatan waktu 25 jam 59 menit 55 detik, dan menempati posisi ke-31 dari 146 peserta.

Baca Juga:  Efek Demo Meluas Mulai Terasa, Bengkel Sepi, Konsumen Tunda Pembelian

Dari ketiga kali ikut Rally Paris-Dakar, Mitsubishi L300 selalu berhasil mencapai garis finish, dan tidak pernah mengalami kerusakan berat atau kecelakaan fatal.

Ini membuktikan bahwa Mitsubishi L300 adalah mobil yang tangguh, handal, dan bisa diandalkan di berbagai kondisi.

Mobil ini juga menunjukkan bahwa tidak perlu mobil mewah atau mahal untuk bisa ikut balap, tetapi yang penting adalah kemampuan dan semangat pengemudinya.

Mitsubishi L300 adalah mobil legenda yang pernah ikut Rally Paris-Dakar, dan menjadi bagian dari sejarah balap dunia. Mobil ini juga menjadi inspirasi bagi banyak orang yang ingin mencoba tantangan baru dan menguji batas kemampuan mereka. Apakah Anda salah satunya? Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.