Modifikasi Daihatsu Xenia (2005) Pekanbaru: Pede Bergaya Drag Race!

MPV Berkonsep Drag Race
OtoInfo.Id-Siapa bilang Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Daihatsu Xenia hanya cocok digunakan sebagai mobil keluarga? Tengok saja mobil milik Dea Ardianya yang berpartisipasi di gelaran MBtech Auto Combat 2018 seri kedua di Pekanbaru. Daihatsu Xenia keluaran tahun 2005 miliknya pede (baca : percaya diri) dimodifikasi total menjadi mobil drag race.
Interior Xenia dilucuti hingga menyisakan jok depan dan dashboard yang dikustom agar berpenampilan simpel. Jok diganti dengan tipe bucket Sparco dengan seatbelt 4 titik Takata. Tak lupa roll bar disematkan untuk memperkuat struktur kendaraan.
Untuk eksterior, ubahan juga cukup banyak dilakukan seperti menutup area lampu dengan pelat agar meningkatkan aerodinamis. Kaca samping dan belakang diganti menggunakan akrilik untuk mengurangi bobot. Spoiler besar dari bahan galvanis turut disematkan. Hal ini tak hanya memberikan kesan garang, namun juga berfungsi memberikan gaya tekan ke bawah.
“Biar tetap tampil oke saya tambahkan sunroof,” jelas Dea di Pekanbaru, Minggu (26/08/2018).Urusan mesin, Dea ternyata tak terlalu banyak mengotak-atik. Mesin standar Xenia berkapasitas 1.300 itu hanya di-porting polish. Akan tetapi performa yang ditawarkan tetap cukup mumpuni.
“Sebenarnya ini mobil mau engine swap pakai mesin Avanza 1.500cc. Tapi karena mau ikut kontes jadi tidak keburu,” jelas pemilik bengkel ban dan velg Dea 27 Wheels di HR Subrantas 46 Pekanbaru ini.
Sedangkan sektor kaki-kaki, Dea mengganti velg bawaan pabrik dengan replika Enkei berukuran 15 inci yang dipadukan ban Achilles 195/50. Adapun seluruh modifikasi yang dilakukan Dea menghabiskan dana yang terbilang tak terlalu besar, yaitu Rp 35 jutaan. (FD)