Otoinfo.id – Touring dan Adventure bisa menjadi hobi bagi para penyuka tantangan dan rintangan. Terutama bagi bikers yang memang suka piknik dan melakukan perjalanan jauh. Kegiatan yang memacu adrenalin tersebut, para bikers juga harus didukung oleh tunggangan yang cocok untuk motor segala medan.
Seperti Muhammad Rafi Abdulloh ini. Doi memang hobi touring sejak lama, “Dari dulu memang suka adventure. Dari segi medan dan rintangannya yang membuat saya tertantang,” ujarnya.
Kecintaanya pada hobi tersebut menjadikan Rafi sapaan akrabnya untuk memodifikasi Honda Beat lansiran 2015. Bila dilihat dari tampilannya, motor berwarna kuning tersebut memang memiliki konsep yang kental dengan Adventure. Penambahan box belakang juga menambah kesan motor doyan pergi jauh.
Rafi yang berdomisili di Gresik saat ini sudah touring ke berbagai daerah, seperti Jateng dan Bali. “Selama riding alhamdulillah aman tidak pernah trouble,” ungkapnya. Itu artinya modifikasi dengan konsep tersebut tidaklah berbahaya. Saferty bro!
Lantas apa saja perubahan yang terdapat di Honda Beat tahun produksi 2015 tersebut?
Bodi dan Rangka
Bicara soal bodi kira-kira masih 75% standar. Hanya saja ubahan pada bagian depan dan belakang. “Headlampnya di custom, butuh pengorbanan juga buat coak reflektor depan, serta penambahan visor. Ditambah juga harus memotong spakbor orisinil belakang,” katanya. Nah, untuk rangkanya sendiri masih 100% standar.
Kaki-kaki
Untuk kaki-kakinya, Rafi pakai type spoke alias ruji. Ukuran ring juga dirubah. “Depannya pakai ring 17 dan belakang masih tetap 14,” ucapnya.
Painting dan Box
Painting motor tersebut garapan Rombeng Custom. Dengan kombinasi warna pas yakni kuning dan hitam. Garang! Untuk boxnya sendiri Rafi andalkan box pannier berlabel Guardian Adventure.
Yup, jadi buat kalian yang ingin merubah atau memodifikasi motor Honda Beat dengan konsep adventure touring, harus menyiapkan budget 8 juta. “Untuk konsep adventure touring cukup siapkan kurang lebihnya 8 juta. Karena biaya yang paling membengkak ada pada box. Box pannier tersebut seharga Rp. 1.880.000,-, itu belum termasuk bracket boxnya. Lalu untuk cat seharga Rp. 635.000,-. Belum juga variasi seperti headlamp, visor, speedometer dan lainnya,” terang Rafi. Tertarik bikin konsep seperti itu? Aji
Setang : fastbikes
Handle Rem : fastbikes tiger
Speedo : variasi GL
Selang Rem Depan :
Dudukan Visor :custome Nmax
Spion : TVS
Visor : Custom (Camera Touring)
Velg depan : DID
Velg Belakang : Rossi
Ban Depan Belakang : aspira toreno
Ruji Depan Belakang :VRossi
SideBox : Guardian Adventure
Spakbor Depan: orsinil custom
Spakbor Belakang: variasi R15
Headlamp :CWL 2 mata
Paint : By Rombeng Custom
More Stories
Wahyu Nugroho Hadir di Yamaha Cup Race 2025 Bulukumba, Panaskan Persaingan Drag Battle
Hasil Yamaha Cup Race 2025 Bulukumba Hari Pertama: Adu Sengit Panaskan Sirkuit Titik Nol Bira!
Apotek Berkah Bulukumba Turunkan Tim Balap di YCR 2025, Siap Tampil di Depan Publik Sendiri