Modifikasi Honda CB1100 TR Concept: Flat Track Mengenang Simoncelli

Otoinfo.id – Sosok CB1100 TR Concept mengingatkan motor-motor superbike era 1970-an. Apalagi dengan desain ala flat track. Jadi gteringat era pembalap kondang tahun 1970 hingga 1980-an seperti Eddie Lawson dari Kawasaki dan Freddie Spencer saat menggeber Honda CB900F.

“Bayangkan CB1100 TR sebagai King of Urban Flat Track Circuits. Terinspirasi dari motor flat track yang merajai sirkuit oval off-road. Tetapi meski beraura murni balap, desain motor ini lebih berorientasi ke ‘street’ yang digemari konsumen Eropa,” terang desainer motor konsep dari Honda’s R&D team.

Namun ada pengembangan dalam konsep modifikasinya. Jika murni flat track, motor mestinya minim bahkan tanpa pengereman depan. Sebaliknya, rem depan di CB1100 TR ini menggunakan double disc bermaterial karbon layaknya pacuan MotoGP. Wow.

Tentu dengan sedikit modifikasi untuk kelengkapan berlalu-lintas. Terutama di cover depan yang dipasangi pelat nomor start 58 demi mengenang Marco Simoncelli, rider Honda MotoGP yang meninggal di balap Sepang beberapa tahun lalu.

 

Menariknya, di tengah pelat nomor start itu tampak semacam lubang kecil. Ternyata itu lensa dari action camera GoPro. Sang desainer rupanya berangan-angan merekam momen saat motor slidding ketika balapan. Asyik. (MT4 Foto: bikeexif)