Modifikasi Honda Ferio (Jakarta) : Street Racing Eye Catching

Otoinfo.id-Modifikasi mobil ala Jepang paling banyak diminati dan banyak modelnya, salah satunya Akbar yang mengubah Honda Ferio miliknya dengan konsep street racing.Balapan di jalan raya kerap kali identik dengan mobil-mobil Jepang, terutama sedan kecil seperti Honda Civic, Honda Accord dan Honda Ferio. Mobil-mobil ini memang dikenal memiliki kemampuan yang mengasyikkan untuk balap jalanan. Begitu pun bagi Akbar hariady pemilik Honda Ferio yang juga mencintai dunia drag race.

Konsep Street Racing

Baca juga : Modifikasi Honda Brio: Mobil Ini Punya 43 TV

Akbar tidak banyak mengubah tampilan mobil kesayangannya, hanya membuatnya lebih eye catching layaknya di Negara asalnya, Jepang. Tapi tersimpan mesin yang memiliki tenaga luar biasa di dalamnya. Langkah-demi langkah dilakukan meski harus rela hampir 5 tahun Akbar berpergian menggunakan angkutan umum atau kendaraan online.

Eye Catching Tenaga Luar Biasa

Konsep yang dipilih oleh Akbar adalah aliran street racing, karena bagi-nya performa, handling dan fun to drive adalah hal utama dalam berkendara sehari-hari. Selain itu, mobil juga dibuat menjadi lebih stabil dengan bantingan yang empuk dan tetap aman untuk digunakan melalui berbagai medan jalan.

Baca juga : Honda Jazz Idsi 2005 (Purwokerto): Gaya Street Racing Juragan Knalpot Racing!

Singkat cerita, awalnya mobil ini dari benar-benar keadaan standar lanjut bermain full Original Equipment Manufacturer (OEM) saja. Tapi karena bosan, akhirnya jadilah full street racing. Hal ini juga dibangun dengan support dari keluarga terutama istri tercinta. Bagi mereka hobi ke mobil lebih positif daripada untuk yang lain-lain.

Awal Benar-Benar Standart

Kesulitan yang dihadapi Akbar adalah budget dan waktu untuk berburu barang tersebut. Karena kebanyakan barang dari luar negeri dan harus menunggu jika memesan melalui online. Bahkan tak sedikit juga ia harus menghadapi penjual yang nakal serta barang sudah discontinue.

Velg SSR Type C berwarna gold berdiameter 16 inci

Pria yang juga sebagai builder mobil milik teman-temannya ini cukup dikenal dikalangan pecinta otomotif terutama anak Selatan. Apalagi mobilnya Honda Ferio biru dengan velg SSR Type C berwarna gold berdiameter 16 inci. Banyak teman yang puas dengan hasil modifikasi dari Akbar, salah satunya Honda Civic Genio milik Arief Muhammad bermesin B20 V-Tech.

Honda Ferio miliknya tidak hanya eye catching dari luar, tapi di interior juga sudah terlihat jelas ia menggunakan jok Recaro SR2. Tenang, audio tetap ada tapi hanya sebatas untuk menemani perjalanan yang macet di ibukota saja. Oleh karena itu hanya dipasangkan head unit Pioneer DEH-4850bt.

Baca juga : Honda All New CRV 2007 (Semarang): Elegan Daily Use

Sedangkan untuk jantung pacu, blok masih standar hanya sudah di oversize 50mm. kemudian untuk head menggunakan D16Y8. Karena pada dasarnya di Indonesia hanya menggunakan V-TEC ekonomis agar irit bahan bakar. Sedangkan head yang saat ini merupakan V-TEC Performance. Manipulasi ECU ia memasangkan piggyback dari APEX-i. serta agar mesin dapat asupan air yang cukup  maka Akbar menjejalkan juga tutup radiator dari SARD bertekanan 1,3 bar.

Head yang saat ini merupakan V-TEC Performance

Mobil sudah punya performa, untuk meningkatkan lagi makan transmisi manual miliknya kini juga sudah mendapat sentuhan dari Akbar. Kopling sudah diganti dengan Daikin Clutch D17 dikombinasi Blox dual bend short shifter. Sehingga perpindahan transmisi pada jarak terdekat.

Setelah mesin dan system transmisi makin enak, gas buang juga diubah olehnya demi mengejar suara dan penambahan tenaga. Header knalpot ia custom ukurannya meskipun masih dengan konfigurasi 4-2-1. Kemudian untuk muffler ia mempercayakan pada buatan Fujitsubo RM01A.

Meskipun mobil sudah kencang dan stabil, bagi-Nya ini masih dirasa kurang cukup. Jika orang lain akan memilih untuk mengganti mobil maka berbeda dengan Akbar untuk resolusi kedepannya.

“Kedepannya ada rencana untuk swap engine ke B16B milik Civic EK9 Type R. Karena sepertinya dengan bodi Ferio yang enteng maka tenaga mobil akan jauh meningkat,” ucap Akbar. PapihBaby