Modifikasi Suzuki Baleno: Raja Kelas 15 Detik

Otoinfo.id – Sponsor baru datang, langsung nendang. Begitulah yang terjadi pada Suzuki Baleno drag race 402 ini ketika Bank bjb mensupport tim Bank bjb Barracuda. Tidak tanggung-tanggung, Suzuki Baleno yang mendapat julukan Kucing Garong ini langsung juara 1 kelas bracket 15 detik, menghancurkan dominasi Honda, Toyota dan Mitsubishi.

Spesifikasinya jelas berbeda dengan versi sebelumnya. Mesin G15 kini sudah mengadospi kepala silinder berbasis DOHC dari Suzuki Cultus. Racikan bengkel Barracuda Speed Master ini mampu memberikan perlawanan terhadap merek yang kondang di drag race.

Di tangan Mona Volare, drag racer cewek ini, mesin galak DOHC bisa dijinakan. “Padahal powernya jauh lebi besar dibanding sebelumnya,” jelas Jalu Brahmani pemilik mobil sekaligus joki untuk kelas 14 detik ini.

Mesin NA yang basisnya injeksi ini diubah menjadi karburator Weber 4 barrel berdiameter 50 mm. Lantas sistem pengapiannya ditambah dengan modul MSD. Pengapian tersebut cukup kuat membakar kabut gas di ruang bakar dalam jumlah banyak.

Mesin racikan kombinasi short block G16 dan head Cultus ini masih bisa ditingkatkan. “Head masih belum banyak diubah, selain porting. Cam shaft juga bakal kita incar agar bisa bertarung di kelas 14 detik,” tutup Jalu yang makin pede dengan Suzuki di tim Bank bjb Barracuda ini. MT4, foto : tim bank bjb barracuda

Data Modifikasi

  • Cylinder head : G13b Suzuki Cultus
  • Ratio kompresi : 11 : 1
  • Short blok : G16b
  • Kopling : ACT
  • Pengapian : Koil MSD
  • Modul pengapian MSD 6AL
  • Karburator Weber 4 barrel 50 mm
  • Intake : Suzuki Sport
  • Header : Custom 4-1
  • Filter Udara : Open Filter K&N
  • Suspension : Custom
  • Roll bar : 6 titik custom seamless
  • Kap mesin,bagasi,pintu : Fiberglass
  • Gearbox : Custom
  • Tachometer : Autometer
  • AFR meter : Innovate
  • Oil press : Autometer)
  • Kaca : Polycarbonate
  • Bahan bakar : Avgas