Modifikasi Vespa Special: Berburu Hingga Pelosok

Otoinfo.id – Beberapa tahun belakangan Vespa yang masuk dalam tipe small frame dengan desain bodi kecil ini makin jadi hits di kalangan pecinta scooter. Harganya melonjak mulai dari 10 juta ke atas tergantung kondisi dan tingkat orisinalnya. Peminat yang memburunya pun makin bertambah banyak, sementara populasi skuter jenis ini sangat terbatas.

Ini yang membuat Tiyok begitu gigih memburu Vespa yang didapatkan dari seorang ibu tua di pelosok desa. Berbagai jurus trik dan taktik dikeluarkannya demi mendapatkan Vespa yang oleh sang pemilik awalnya tak dijual. Akhirnya setelah beberapa lama Vespa pun berhasil diboyongnya dan kini berubah jadi kian cantik.

 

Sentuhan yang dilakukan Tiyok adalah memodifikasi dengan gaya tampilan Vespa PTS 90. Tak neko-neko. Namun justru inilah yang membuat Vespa miliknya makin menarik. Tampak dari posisi dudukan ban cadangan yang aslinya sejajar di belakang dek depan, kini diubah posisinya dan dibuatkan dudukan baru ala yang melintang di posisi tengah.

Sektor kaki-kaki juga menjadi salah satu fokus utama. Untuk mendukung kenyamanan saat dikendarai bukan sok ori yang dipilih, melainkan sok lansiran baru milik DGM untuk kaki depan dan Kayaba untuk ajrutan belakang. Cocok untuk menahan beban badan Tiyok yang berpostur tinggi besar. Sehingga redaman tetap terasa nyaman.

Selanjutnya adalah mesin. Yang ini jelas Tiyok tak mau setengah-setengah. Demi performa, “Seluruh komponen jeroan saya perbarui dengan penggantian suku cadang milik Malossi”, ungkap Tiyok. Dan sebagai sentuhan akhir, bodi dilabur dengan lapisan cat kuning ngejreng milik Spies Hecker. So, tak lagi seperti tunggangan Ibu-ibu tua kan. Gondronk

Data Modifikasi :
Ban : Kenda 300-10
Pelek : FA Italia
Sok dpn : DGM
Sok blk : Kayaba
Knalpot : Pollini
Tutup ban : Full Moon
Kampas kopling : Malossi
Per kopling : Malossi
Karbu : PTS
Lampu : Siyem
Bengkel : Vespaphora Jl. Sudirman (Blkg. Hotel Pati)