MotoGP 2019 : Demi Tampil Kompetitif Di Sisa Musim, Rossi Dan Vinales Saling Tukar Data Elektronik?

www.motogp.com

Otoinfo.id – Kemenangan pembalap Yamaha Monster Energy, Maverick Vinales di MotoGP 2019 seri Malaysia (3/11), ternyata berkat adanya kerja sama timnya dengan tim Valentino Rossi di garasi Yamaha.

Yup, maksudnya khusus dalam hal elektronik (ECU). Kedua mekanik mereka tak ragu saling tukar data demi menunjang performa motor Yamaha YZR-M1 di Sirkuit Sepang. Mereka tak saling menutupi satu sama lain karena menganggap sebagai sahabat.

Baca Juga : MotoGP 2019 : Musim Depan Vinales Bimbang, Akankah Tetap Bersama Yamaha?

Matteo Flagmini (kru Rossi) dan Davide Marelli (kru Vinales) saling bahu membahu meningkatkan sisi elektronik. Hal itu benar-benar efektif, terbukti Vinales berhasil meraih kemenangan di MotoGP Malaysia 2019 untuk pertama kalinya. Bahkan, Vinales mampu kasih jarak dari awal lap hingga finish tanpa melakoni duel dengan Marc Marc Marquez. Tentunya hal itu berkaitan dengan performa Yamaha YZR-M1 yang terus dibenahi secara serius. Sementara Rossi nyaris menggapai podium ketiga, andai tak kalah berduel dengan Andrea Dovizioso.

www.motogp.com

“Kami bekerja dengan penuh kolaborasi. Kami kolega sehingga kami berbagi ide dan melakukan pertemuan harian untuk berbicara. Kami berbicara mengenai pemetaan, strategi. Saya memiliki hubungan yang baik dengan Davide, kami telah bekerja sama selama bertahun-tahun. Tidak ada rahasia di antara kami dan saya pikir pendekatan ini membuat kami berkembang. Bekerja secara tertutup tidak membuat kita maju tetapi sebaliknya jika bekerja secara terbuka,” ujar Flagmini, mengutip dari laman GPOne.

Baca Juga : MotoGP 2019 : Yamaha Harus Waspada! Ducati Incar Vinales Untuk Balapan Di Musim 2021, Ini Kata Manager Ducati

Marelli kemudian menambahkan, berkat saling kerja sama dan saling tukar informasi tersebut, membuat keduanya mampu memahami keinginan Rossi dan Vinales yang sangat berbeda dalam hal pengaturan elektronik pada motor mereka. Sebab perangkat elektronik sangat berpengaruh bagi keberhasilan seorang pembalap dalam bersaing di kelas MotoGP, yang saat ini begitu masif perkembangan teknologinya.

www.motogp.com

“Ya pada akhirnya sisi elektronik harus sejalan dengan kerangka kerja. Tujuannya untuk membuat semua bekerja bersama dengan baik, karena ketika Anda memiliki kerangka yang baik, tetapi mesinnya tidak bekerja, maka tidak akan ada yang dapat diperbuat. Semuanya harus dikerjakan bersama-sama,” sambung Marelli.

Baca Juga : MotoGP 2019 Malaysia : Akui Ketangguhan Vinales, Ini Yang di Katakan Marquez!

Sekarang mari kita tunggu saja gebrakan duo Yamaha tersebut pada gelaran MotoGP seri pamungkas alias seri terakhir di musim 2019 ini yang akan berlangsung di Sirkuit Valencia, 15-17 November mendatang. Mampukah Yamaha kembali menempatkan Vinales di jalur kemenangan pada balapan kandangnya tersebut? Kita tunggu hasilnya! Taufik