Otoinfo.id
Sign In
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Notification
HeadlineRacing

Manahadap Road Race 2025 Seri 4 Hadir di Purworejo Akhir Pekan Ini

HeadlineRacing

Duet JPNW Asia, Aditya Fauzi dan Kiki Manurung Siap Tempur di SCP Melayu Bangkinang

HeadlineRacing

Sumatera Cup Prix 2025 Seri 4 Bangkinang Siap Digelar, Persaingan Kian Ketat!

HeadlineRacing

Exrider Indonesia Resmi Dideklarasikan di Semarang, Momentum Kebersamaan dari Berbagai Provinsi

Font ResizerAa
Otoinfo.idOtoinfo.id
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Search
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Sign In Sign In
Follow US
Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Otoinfo.id > Blog > MotoGP > MotoGP Austria 2025: Sistem Kontrol Stabilitas Resmi Debut, Fitur Canggih Anti-Highside
MotoGP

MotoGP Austria 2025: Sistem Kontrol Stabilitas Resmi Debut, Fitur Canggih Anti-Highside

Wawan
Last updated: 15/08/2025 08:06
By Wawan
3 Min Read
MotoGP Austria 2025: Sistem Kontrol Stabilitas Resmi Debut, Fitur Canggih Anti-Highside
MotoGP Austria 2025: Sistem Kontrol Stabilitas Resmi Debut, Fitur Canggih Anti-Highside
SHARE

Otoinfo.id – Kejuaraan Dunia MotoGP telah menggunakan perangkat elektronik terpadu sejak 2016. Semua tim, tanpa memandang pabrikan, wajib menggunakan ECU tunggal yang dipasok oleh Marelli, mitra teknologi Ducati. ECU ini menjadi otak elektronik motor, mengatur berbagai fitur yang membantu performa sekaligus keselamatan pembalap.

Contents
  • Apa Itu Kontrol Stabilitas?
  • Integrasi di ECU Standar
  • Tujuan Utama: Mengurangi Highside Crash
  • Austria Jadi Panggung Uji Pertama
    • About The Author
      • Wawan

Mulai Grand Prix Austria 2025, tepatnya di seri ke-13 musim ini, MotoGP memperkenalkan fitur baru yang belum pernah ada sebelumnya di ajang balap motor paling bergengsi ini: sistem kontrol stabilitas.

Apa Itu Kontrol Stabilitas?

Kontrol stabilitas bekerja dengan mengurangi torsi mesin saat motor mulai tergelincir, sehingga mengurangi risiko motor kehilangan kendali. Meskipun mirip dengan kontrol traksi, fungsinya berbeda.

  • Kontrol traksi: Aktif ketika ban mulai spin atau kehilangan traksi.

  • Kontrol stabilitas: Aktif ketika motor mulai meluncur atau sideways, bukan hanya saat ban selip.

Dengan teknologi ini, pembalap dapat meminimalkan potensi terjatuh, terutama pada situasi berisiko seperti keluar tikungan dengan kecepatan tinggi di lintasan licin.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Austria 2025: Bagnaia Sang Raja Spielberg, Marquez Berburu Kemenangan Perdana

Integrasi di ECU Standar

Sistem baru ini hadir dalam bentuk pembaruan perangkat lunak ECU. Tim tidak perlu mengganti perangkat keras, cukup mengaktifkan versi terbaru perangkat lunak yang disediakan Marelli.

Menariknya, ECU tunggal di MotoGP memiliki fleksibilitas untuk memvariasikan fungsinya dari satu seri ke seri lainnya. Tim bebas memilih versi perangkat lunak sesuai regulasi yang berlaku di tiap Grand Prix.

Pekan ini, versi yang mencakup kontrol stabilitas akan dirilis untuk pertama kalinya. Marelli memprediksi mayoritas pabrikan akan langsung menggunakannya di Austria, mengingat potensi besar dalam hal keselamatan dan konsistensi performa.

Tujuan Utama: Mengurangi Highside Crash

Menurut promotor MotoGP, pengembangan kontrol stabilitas adalah langkah nyata menuju peningkatan keselamatan pembalap. Salah satu fokus utama adalah mengurangi risiko highside crash, yaitu insiden di mana bagian belakang motor kehilangan traksi lalu kembali mencengkeram secara tiba-tiba, membuat pembalap terlempar ke udara.

Dengan sistem ini, diharapkan momen highside yang berbahaya dan sering berakhir dengan cedera serius bisa diminimalkan.

Baca Juga: LCR Honda Gagal Temukan Pengganti Chantra di MotoGP Austria, Espargaro Baru Tampil di Hungaria

Austria Jadi Panggung Uji Pertama

Red Bull Ring, tuan rumah MotoGP Austria 2025, akan menjadi arena uji coba perdana sistem kontrol stabilitas ini. Dengan karakter sirkuit yang memiliki tikungan cepat dan perubahan elevasi, Austria menjadi lokasi tepat untuk membuktikan efektivitas teknologi ini di kondisi balap sesungguhnya.

Jika debut ini sukses, bukan tidak mungkin kontrol stabilitas akan menjadi salah satu fitur elektronik wajib di semua seri MotoGP mendatang.

About The Author

Wawan

See author's posts

Join Our Newsletter
Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!
[mc4wp_form]
TAGGED:ducatiECU MarelliHighside CrashInovasi MotoGPKeselamatan MotoGPKontrol Stabilitas MotoGPMotoGP 2025motogp austriaPerangkat Elektronik MotoGPRed Bull Ring
Share This Article
Facebook Email Copy Link

You Might Also Like

Dall'Igna Diklaim Enggan Kehilangan Marquez Strategi Ducati di MotoGP 2025 Terkuak!
HeadlineRacing

Dall’Igna Diklaim Enggan Kehilangan Marquez: Strategi Ducati di MotoGP 2025 Terkuak!

By Bakti Nugroho
22/05/2024
HeadlineInfoRacing

Ducati GP25 Siap Hadir dengan Pembaruan Besar, Dall’Igna Ungkap Komponen Baru yang Akan Diuji

By Wawan
23/01/2025
HeadlineMotoGPRacing

Rumor Jorge Martin Ingin Tinggalkan Aprilia MotoGP, Ini Respons Tim

By Wawan
13/05/2025
MotoGP

Tak Hanya Marc Marquez, Alex Marquez Juga Banjir Pujian di MotoGP 2025

By Wawan
05/05/2025
Ducati Mendominasi MotoGP Spanyol 2024! dengan Kemenangan Gemilang Francesco Bagnaia!
Headline

Ducati Mendominasi MotoGP Spanyol 2024! dengan Kemenangan Gemilang Francesco Bagnaia!

By Sandy
01/05/2024
Antisipasi Musim Mendatang! Rumor Perpanjangan Kontrak dan Gebrakan Baru di MotoGP
Headline

Antisipasi Musim Mendatang! Rumor Perpanjangan Kontrak dan Gebrakan Baru di MotoGP

By Sandy
17/05/2024

Foxiz Car

Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Don't not sell my personal information
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?

Forget Password