MotoGP: Data Telemetri Normal, Rossi Bingung Kenapa Dia Jatuh

Otoinfo.id – Podium di GP Valencia sangat penting bagi Yamaha, tim bahkan bagi Valentino Rossi sendiri. Namun sebuah kesalahan kecil yang dilakukan membuat podium GP Valencia pun melayang. Anehnya, data telemetri menyebutkan bahwa Rossi memperlakukan M1 dalam taraf yang wajar, tidak ada hal aneh yang terjadi.

“Jadi itu sangat, sangat memalukan. Saya minta maaf. Kami membutuhkan podium ini. Bukan hanya saya yang membutuhkan podium ini, tetapi juga Yamaha dan juga tim,” helas Valentino Rossi pada minggu malam setelah balapan.

Walaupun Rossi mengakui dia melakukan kesalahan, namun data telemetri tidak menunjukan ada kesalahan. “Saya melakukan kesalahan tetapi juga melihat data (telemetri) dan kami tidak mengerti dengan baik apa yang terjadi. Kasus ini mirip seperti di Malaysia. Saya kehilangan traksi roda belakang ketika saya membuka throttle gas. Seharusnya di lap terakhir kami harus lebih memperhatikan ban karena performa ban mulai menurun,” jelas Valentino Rossi.

Memang ada yang janggal dengan roda belakang. Apalagi ditambah saat restart balapan, Rossi tidak mengganti ban belakang. Padahal regulasi memperbolehkan penggantian ban seperti yang dilakukan Andrea Dovizioso.

Valentino Rossi terpaksa menggunakan ban belakang bekas untuk restart, sementara Dovizioso memiliki ban kompon lunak baru untuk digunakan dalam restart 14-lap. “Secara strategis, ini membuat perbedaan. Saya lebih bermasalah dengan bagian belakang,” kata Rossi.

“Saya tidak mengubah apa pun (selama jeda restart) karena saya merasa baik. Masalahnya adalah saya tidak punya ban baru lagi. Dovi memiliki bagian depan yang baru dan menggunakan kompon soft. Saya tidak mengerti di mana dia menyembunyikan ban itu! Bahkan dia tidak mencoba melakukan pemanasan,” tutup Rossi. MT4