Tuesday, July 1, 2025
spot_img

MotoGP: Dilihat Dari Exhaust Pipe, Ternyata Yamaha M1 Berkarakter Lembut

Otoinfo.id – Terlepas dari pernyataan Lin Jarvis, managing director Yamaha mengenai M1 tahun 2018 yang belum sempurna. Ternyata M1 adalah motor yang memiliki karakter user friendly. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi teknik yang terlihat secara visual. Paling mudah adalah knalpot.

Knalpot MotoGP memiliki beberapa konfigurasi yang berbeda. Bisa konfigurasi 2-1 2-1 seperti pada Honda RC213V atau Ducati Desmosedici GP18. Dari konfigurasi knalpot tersebut, bisa diterka bagaimana karakter mesin tersebut.

Baca Juga : MotoGP: Lin Jarvis Akui Kalau M1 2018 Cacat
Baca Juga : MotoGP: HRC Akui Kalau RC213V Motor Paling Tidak Stabil
Baca Juga : MotoGP: Regulasi Teknik MotoGP 2019 Berubah

Seperti Yamaha M1, ternyata pacuan Valentino Rossi dan Maverick Vinales ini merupakan motor dengan karakter mesin lembut. Dapat dilihat dari konfigurasi exhaust pipe yang mengadopsi konfigurasi 4-2-1. Mirip seperti moge harian Yamaha yang juga banyak mngeadopsi 4-2-1 untuk bisa mengatur karakter mesin agar lembut. Saat di GP Malaysia nampak jelas konfigurasi exhaust pipe M1 yang terbuka.

Namun dibalik kelembutan tersebut, power M1 juga tidak kalah dengan Ducati maupun Honda. Bahkan di GP Australia Maverick Vinales sanggup mengalahkan top speed Ducati.
Ciri tersebut bisa dilihat dari exhaust M1 yang beberapa musim belakangan jauh lebih pendek. Moncong akhir knalpot (end piece) terletak di dekat fairing. MT4

Baca Juga:  Gadhuro Drag Bike 2022 Wonosari (Seri 2): Moon Racing Is Back! Podium Matic 200 TU Pakai Injeksi 7,1 Detik

Latest Posts