MotoGP: Musim 2019 Ducati Hanya Akan Gunakan 2 Jenis Motor

Otoinfo.id – Beberapa tahun belakangan, jumlah motor yang digunakan Ducati cukup banyak, tercatat ada 8 motor yang digunakan baik tim pabrikan maupun satelit. Selisih tahun yang digunakan pun terpaut jauh.

Saat musim 2018 saja, saat tim pabrikan menggunakan GP18, tim satelit Ducati ada yang memakai GP17, GP16 bahkan Karel Abraham justru memakai GP15 yang menggunakan part 2016. Sungguh terpaut cukup jauh perbedaannya. Demikian juga dengan performanya.

Kini Ducati akan menerapkan strategi lain. Seiring dengan kepergian Angle Nieto MotoGP (turun ke Moto2 dan di MotoGP diganti Yamaha Petronas), Ducati hanya menyisakan 6 motor berada di grid. Sehingga Ducati pun mengubah strategi musim 2019. “Tahun depan Ducati akan berkurang 2 motor, karena jika terlalu banyak, dari segi finansial sangat tidak menguntungkan,” jelas Gigi Dall’Igna technical director Ducati.

Gigi Dall’Igna sulit untuk memantau banyak motor dengan tahun yang berbeda. “Hingga 2018 sulit bagi kami untuk memanage 3 jenis spec motor yang berlainan. Sekarang kami akan menyederhanakannya,” lanjut Gigi.

Musim 2019 Ducati hanya akan menggunakan 2 jenis motor, yakni GP19 dan GP18. “Kami yakin akan bisa lebih berhemat dari sisi finansial dengan jumlah tim satelit yang lebih sedikit. Musim 2019 kami hanya akan menggunakan 3 motor GP19 dan 3 motor GP18,” papar Gigi Dall’Igna.

Ducati GP19 akan digunakan oleh Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci di tim pabrikan. Di tim satelit hanya Jack Miller yang memakai GP19 sementara rekan Jack Miller yakni Franceso Bagnaia akan menggunakan GP18. Untuk tim satelit lain yakni Karel Abraham dan Tito Rabat (Tim Avintia) juga memakai GP18.

Ducati berharap dengan hanya 2 jenis motor yang tidak terpaut jauh tahunnya, akan mempermudah sisi pengembangan untuk tahun berikutnya dan tentunya juga menghemat budget Ducati secara total dalam perawatan motor. MT4

Baca Juga : MotoGP: Dani Pedrosa Berduka Tsunami Banten
Baca Juga : MotoGP: Marquez Pindah Yamaha? Ini Dia Jawabannya
Baca Juga : MotoGP: Tonton Video Perjuangan Pedrosa Selama 18 Tahun Bersama Honda
Baca Juga : MotoGP: KTM Ingin Beli Ducati
Baca Juga : MotoGP: Zarco Ternyata Jago Main Piano. Tonton Videonya