Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

MotoGP: Power Suzuki Makin Besar, Bisa Risiko Overspin Seperti M1 2018

Otoinfo.id – Konsensi untuk tim Suzuki tahun 2019 sudah dicabut. Artinya Suzuki akan setara dengan pabrikan lain dengan segala batasan selama semusim. Oleh sebab itu, Suzuki harus pintar-pintar memilih mesin selama test pra-musim.

Mesin baru yang dibuat oleh Suzuki tersebut sudah dievaluasi oleh Alex Rins sebagai pembalap utama, dan juga dicoba rider barunya Joan Mir.

Hasil evaluasi Alex Rins berbuah positif dan negatif. Positifnya mesin Suzuki baru jauh lebih powerful dan siap bersaing dengan power Honda bahkan Ducati. “Hampir disemua rentang tenaga, powernya lebih besar dibanding versi sebelumnya, mulai putaran bawah, tengah hingga atas. Mesin ini jauh lebih kompetitif,” jelas Alex Rins.

Baca Juga : MotoGP: Valencia Test, Motor Baru, Rider Baru, Mesin Baru
Baca Juga : MotoGP: Kata Lorenzo, Honda Adalah Motor Yang Sulit Dikendalikan

Namun sisi negatifnya juga muncul. Mesin yang lebih bertenaga ini justru menjadi lebih agresif terhadap ban. Alex Rins tidak ingin kejadian pada Yamaha musim 2018 terjadi pada Suzuki di musim 2019. Ketika dapur pacu memiliki power lebih, justru menjadi makin banyak spin yang berakibat terhadap ban belakang.

Baca Juga:  MotoGP Eropa 2020: Joan Mir Pecah Telur, Disusul Rins, Ketiganya Pol

“Kami perlu menyesuaikan semua power ini ke ban belakang, karena sekarang power terlalu banyak yang ditransfer ke roda belakang. Jika kita bisa menyesuaikan power mesin sehingga traksi ke roda belakang tetap kuat, maka kami akan memiliki motor yang sangat kompetitif di musim 2019,” jelas Alex Rins. MT4

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.