Otoinfo.id – GP Mugello memegang rekor tertinggi top speed MotoGP sepanjang masa dengan top speed 354,9km/jam (220.5 mph). Rekor dibukukan oleh Andrea Iannone saat mengendarai Ducati tahun 2016.
Pertambahan top speed cukup stabil sejak tahun 2012. Atau trennya terus naik selama MotoGP bermesin 4-tak dimulai (2002). Peningkatannya rata-rata adalah 10 km/jam setiap 4-5 tahun. Secara statistik mesin 4-tak saat ini sudah lebih kencang 35 km/jam dibanding saat memakai motor 2-tak.
Memang cukup mengejutkan. Tiga tahun terakhir sebelum masa MotoGP dimulai, top speed mesin 500 cc stabil di bawah 320 km/jam. Namun hanya dalam kurun waktu 3 musim saja dipatahkan mesin 990 cc 4-stroke dengan top speed 343 km/jam.
![](https://www.otoinfo.id/wp-content/uploads/2018/02/DTWAeklXUAIc9av-1024x534.jpg)
Top speed tinggi tersebut sempat mengalami penurunan ketika awal er mesin big bang ramai digunakan pabrikan motor. Tahun 2004 ketika Valentino Rossi bersama Yamaha menjadi juara dunia, top speednya justru turun. Makin terlihat ketika era mesin 800 cc yang mencapai penurunan hingga 11 km/jam.
Namun saat Casey Stoner menjuarai MotoGP bersama Ducati, top speed kembali meningkat tajam, sekitar tahun 2008-2009. Dani Pedrosa mencatat kecepatan 349,3km/jam dengan Repsol Honda.
“Saya tidak pernah memikirkan akan mencatat top speed sebegitu tinggi. Namun saat melihat layar monitor timing system, semuanya memang terjadi,” terang Pedrosa.
Dengan rata-rata kenaikan top speed 10 km/jam dalam 4-5 tahun, diprediksi pada tahun 2020 nanti mesin MotoGP akan mudah menggapai angka 360 km/jam di GP Mugello. MT4, foto : motogp
Top Speed GP Italia-Mugello 1999-2017
- 2017: 354.7km/h Pirro (Ducati ) MotoGP 1000 cc
- 2016: 354.9 Iannone (Ducati) MotoGP 1000 cc
- 2015: 350.8 Iannone (Ducati) MotoGP 1000 cc
- 2014: 349.6 Iannone (Ducati) MotoGP 1000 cc
- 2013: 344.6 Iannone (Ducati) MotoGP 1000 cc
- 2012: 346.9 Rossi (Ducati) MotoGP 1000 cc
- 2011: 335.7 Barbera (Ducati) MotoGP 800 cc
- 2010: 345.7 Barbera (Ducati) MotoGP 800 cc
- 2009: 349.3 Pedrosa (Honda) MotoGP 800 cc
- 2008: 330.8 Melandri (Ducati) MotoGP 800 cc
- 2007: 323.3 Stoner (Ducati) MotoGP 800 cc
- 2006: 334.0 Stoner (Honda) MotoGP 990 cc
- 2005: 340.5 Checa (Ducati) MotoGP 990 cc
- 2004: 343.0 Barros (Honda) MotoGP 990 cc
- 2003: 332.4 Capirossi (Ducati) MotoGP 990 cc
- 2002: 324.5 Ukawa (Honda) MotoGP
- 2001: 315.6 Rossi (Honda ) 500 cc
- 2000: 317.8 McCoy (Yamaha) 500 cc
- 1999: 318.6 Biaggi (Yamaha) 500 cc
![](https://www.otoinfo.id/wp-content/uploads/2024/07/iklan-grup-artikel.png)