MotoGP: Technical Director Yamaha Sebut Kelemahan M1 2018 Tidak Akan Terjadi Lagi

Otoinfo.id – Technical Director Yamaha, Kouji Tsuya mengakui kalau M1 tahun 2018 adalah bencana bagi Yamaha. Alih-alih ingin memperkuat akselerasi saat keluar tikungan, yang terjadi justru spin yang didapat.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales berjuang keras sepanjang musim 2018. Karakter Yamaha justru lebih agresif. Semuanya diakui oleh Kouji Tsuya. “Memang benar tahun lalu (2018) adalah masa sangat sulit bagi kami. Masalahnya adalah semuanya bermasalah. Terutama akselerasi di tikungan lambat yang terbesar. Namun masalah lain adalah engine braking, saat pengereman dan dan entri corner (kemampuan motor saat akan masuk tikungan, ”kata Tsuya.

Tujuan Yamaha dengan rancangan 2018 sebenarnya ingin memperkuat akselerasi. Tidak hanya itu dengan power lebih cepat keluar tikungan, Yamaha berharap bisa menambah top speed ketika bertarung di trek lurus. Kenyataannya, semua diluar dugaan.

Dengan membuat motor yang lebih agresif, Yamaha berharap bisa diredam melalui ECU. Sayangnya Magneti Marelli justru tidak memiliki fitur yang cocok dengan M1 untuk bisa meredam keliarannya. Yamaha pun berupaya keras, namun hasilnya sia-sia. Makin diperparah power Yamaha tidak sesuai dengan performa ban Michelin.

“Karakteristik mesin kami, terutama saat keluar tikungan terlalu agresif. Sulit bagi kami untuk memahami ban. Seiring waktu, kami menggunakan single ECU sehingga banyak kehilangan di banyak sektor, misalnya mapping, traction control, wheelie control hingga engine braking,” ungkap Kouji Tsuya.

Kini Yamaha tidak ingin mengulang kesalahan 2018. “Sekarang kami sedang menguji di Jepang dan kami memiliki beberapa poin positif. Saya yakin kami telah meningkatkan motor tahun lalu, terutama di mesin dan akselerasi. Target kami untuk mesin berikutnya adalah membuatnya lebih halus tanpa mengorbankan top speed,” tutupnya. MT4

Baca Juga : GP Argentina: Yamaha Angkat Bendera Putih, Kenapa?
Baca Juga : GP Jerez: Yamaha Dalam Bahaya
Baca Juga : MotoGP: Lin Jarvis Akui Kalau M1 2018 Cacat
Baca Juga : MotoGP: Kepala Mekanik Vinales Beberkan Soal Krisis M1
Baca Juga : MotoGP: Terungkap Rahasia Zarco Menaklukan Yamaha M1