Otoinfo.id – Mengalami motor yang tetap tidak bisa distarter meski aki sudah diganti baru Motor Tidak Bisa Distarter tentu menjengkelkan. Aki memang komponen vital dalam sistem kelistrikan, namun bukan satu-satunya penyebab jika motor sulit dinyalakan.
Menurut Dey Yuga Kharisma, Service Engineer PT Mitra Sendang Kemakmuran, ada beberapa kemungkinan lain yang bisa menjadi biang kerok.
“Selain komponen aki, ada juga dinamo starter, relay. Bisa juga kabel yang putus, tergigit tikus, terjepit, atau memang ada komponen kelistrikan lain yang rusak,” jelas Dey.
5 Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter Meski Aki Baru
1. Kabel Aki Longgar atau Kotor
Baca Juga: Baru Belajar Motor? Ini 3 Rahasia Aman dan Cepat Mahir Berkendara ala Astra Motor Kaltim 1!
Koneksi longgar antara aki dan sistem kelistrikan membuat arus tidak mengalir sempurna. Pastikan:
-
Terminal aki bersih dari karat
-
Baut pengunci terpasang erat
2. Saklar Starter Bermasalah
Saklar starter yang kotor atau rusak bisa menghambat arus. Solusi:
-
Bersihkan dengan cairan kontak khusus
-
Cek ke bengkel jika masih bermasalah
3. Dinamo Starter Rusak
Dinamo starter memutar mesin saat tombol ditekan. Jika rusak, mesin takkan menyala meski aki bagus. Solusi:
-
Periksa atau ganti dinamo starter di bengkel resmi
4. Relay Starter Tidak Bekerja
Relay starter berfungsi sebagai saklar penghubung arus dari aki ke dinamo. Jika rusak:
-
Tidak terdengar suara “klik” saat tombol ditekan
-
Perlu penggantian relay
5. Sekring Terputus
Sekring melindungi sistem kelistrikan dari arus berlebih. Jika sekring utama putus:
Baca Juga; Honda BeAT Street 2025: Skutik Tangguh Bergaya Urban dari Astra Honda
-
Sistem starter tak bisa bekerja
-
Segera ganti sekring dengan ukuran yang sesuai
Kapan Harus ke Bengkel?
Jika sudah memeriksa semua bagian tersebut dan motor tetap tidak menyala, kemungkinan besar ada kerusakan lebih dalam di sistem kelistrikan atau komponen ECU. Segera bawa motor ke bengkel resmi Honda atau bengkel terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh teknisi ahli.
Tips Mencegah Motor Gagal Starter
-
Periksa koneksi aki dan sekring secara berkala
-
Bersihkan saklar dan terminal aki secara rutin
-
Hindari parkir motor di tempat lembap atau rawan tikus
-
Servis rutin minimal setiap 2.000 km atau 2 bulan sekali
Dengan perawatan rutin dan pengecekan komponen kelistrikan, risiko motor gagal starter meskipun aki baru bisa diminimalisir.