OtoInfo.Id-Karakter sirkuit Gerry Mang, Subang, Jabar dinilai oleh Dodiyanto sebagai trek ‘ganas’. Dodiyanto adalah salah satu ‘aktor’ penting dibalik sukses IRC Tire pada balap nasional. Pria ‘nyentrik’ itu hadir langsung di salah satu sirkuit permanen tanah air dalam rangka ronde kedua MotorPrix region Jawa (14-15/8). Katanya, dinilai ganas lantaran temperatur dan layout treknya yang naik turun dan model tikungan rolling“Hampir mirip tahun lalu, hari ini temperatur trek tembus 65°C. Panas! Layoutnya juga bakal ‘menguras’ ban. Seri ini kita sedia 200-300 pcs untuk 5 tim yang kita support,”ungkap pria asal Lubuk Linggau, Sumsel itu.

Untuk itu, perlu alat untuk memberikan data akurat. “Khusus data ban minimal butuh hardness tester dan thermo couple gan. Hardness tester untuk data kekerasan ban, thermo couple couple gan untuk data suhu aspal, ban dan trek. Data ini penting untuk input ke mekanik dan uji ketahanan ban,”rinci Mang Dodi-sapaan akrabnya seraya bilang skill rider untuk jaga rpm mutlak di trek ini.

Data itu juga sebagai edukasi pada teknisi, “Data itu penting untuk menentukan tekanan ban yang ideal. Juga untuk simulasi keawetan ban apalagi trek Gerry Mang yang memang menguji ketahaan ban dan managemn ban bagi pembalap,”ujar Widya Krida Laksana, akrab disapa GDT mekanik Yamaha Bahtera Racing, salah satu tim ujung tombak IRC.

Mang Dodi tak merinci dengan detail, lantaran memang jadi data ‘panas’ alias rahasia perusahaan. Tak kalah ‘panas’ dengan perang ban di musim ini bersmaan hadirnya kompetitor baru. Panas dan ganas bro! Wawan