MotorPrix 2018 Wonosari: Sesi Latihan Bebas Memakan Korban, Pemula B Jatim Meninggal Dunia!

OtoInfo.Id-Kabar duka menyelimuti dunia otomotif nasional. Eqtadabe Muhammad, pemula B asal Kediri, Jatim meninggal dunia. Anak didik rider senior Juni AS itu mengalami insiden seri di sesi latihan bebas pada seri MotorPrix (MP) Jawa yang berlangsung di Sirkuit Lanud Gading, Wonosari, Yogyakarta (11/5).

“Jadi saat out dari tikungan pertama (R1) dan terjatuh ditabrak pebalap lainnya. Jadi R1 itu jika kebablasan bisa berhadapan pebalap yang melalui R5. Itu posisinya berlawanan arah dan memang bahaya. Tapi saya tidak melihat detailnya. Namun memang saat itu latihan bareng anak saya, “ujar Tris Wahyudi, akrab disapa Nto Nto yang pastinya mengawal putera tercinta, M Diandra (Honda Simple Concept) yang fokus di kelas MP6.

Diperkirakan kuat, bahwa talenta muda  ini mengalami cedera serius pada tulang leher. Sekilas informasi saja, tulang leher (belakang) adalah tempat sumsum tulang (medulla spinalis) yang  merupakan kumpulan semua syaraf pusat dari dan menuju otak. Jika cedera serius bisa menyebabkan kelumpuhan ataupun kematian karena kondisi nafas yang terhenti.

Atas insiden ini, juragan knalpot Cream-pie  memberikan saran,”Agar nantinya saat latihan dipisah antara anak-anak di kelas MP5 dan MP6 dengan seeded. Itu sanggat bahaya. Manajemen waktunya  harus diatur ulang walaupun ini disebut belum latihan resmi atau masih latihan bebas ataupun penjajakan lintasan. Kedepan pemisahan ini harus dievaluasi dan diterapkan, “tambah Nto Nto serius.

Slamet Suroto, manager tim Fast Tech (Yogyakarta) ikut kasih saran,”Dari awal saya sarankan untuk ditambah ban pembatas. Ini penting untuk safety,”ujar Om Toto-sapaan akrabnya.

Terlepas dari itu, bagaimanapun juga ini adalah sebuah musibah. Dalam olahraga apapun dipastikan ada musibah. Terpenting, harus ada evaluasi dalam setiap kejadian yang dialami. Harus ada antisipasi yang lebih baik untuk balapan selanjutnya. Untuk keluarga tercinta dari Eqtadabe Muhammad, portal otoinfo.id mengucapkan dukacita mendalam dan semoga diberikan tepat terindah di sisiNYA. Amin. Ones