Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Mur Roda Mobil Bekas Susah Dibuka? Ini Trik Bengkel Biar Nggak Sampai Slebor!

Mur Roda Mobil Bekas Susah Dibuka? Ini Trik Bengkel Biar Nggak Sampai Slebor!

Mur Roda Mobil Bekas Susah Dibuka? Ini Trik Bengkel Biar Nggak Sampai Slebor!

Otoinfo.id – Pernah mengalami mur roda mobil bekas susah banget dibuka? Kalau iya, kamu nggak sendirian. Banyak pemilik mobil bekas menghadapi masalah ini, apalagi kalau roda sudah lama tidak dibuka atau diganti.

Tapi awas! Memaksakan membuka mur roda yang sudah berkarat justru bisa membuat kondisi makin parah. Mur bisa slek, patah, bahkan merusak drat tromol roda. Nah, daripada nekat dan berujung kerusakan, lebih baik simak trik mudah yang dibagikan langsung oleh mekanik bengkel berikut ini.

Penyebab Mur Roda Mobil Susah Dibuka

1. Jarang Dibuka, Timbul Karat

Menurut Ariyanto, pemilik bengkel Expo Motor 999 di Ruko Mitra Bekasi, mur roda yang susah dibuka biasanya disebabkan oleh karat atau korosi di bagian drat. Ini umum terjadi jika mur tidak pernah dibuka dalam waktu lama.

“Kalau mur roda jarang dibuka, wajar muncul karat,” jelas Ariyanto.

2. Dikencangkan Terlalu Kuat

Selain karat, mur roda juga bisa slek karena terlalu kuat dikencangkan saat pemasangan sebelumnya. Hal ini justru menyulitkan proses pelepasan di kemudian hari.

Baca Juga: Tips Ampuh Merawat Jok Ramping Honda Sonic 150R: Agar Tetap Nyaman dan Awet!

Baca Juga:  Tips: Edisi Busi NGK, Sering Terlupakan, Merawat Busi Ternyata Mudah!

Trik Mudah Membuka Mur Roda yang Macet

Gunakan Cairan Penetran

Langkah pertama dan paling ampuh adalah menyemprotkan cairan penetran ke sela-sela mur roda. Cairan ini bisa meresap ke celah kecil dan melonggarkan karat yang menempel di drat mur dan tromol.

Cara penggunaannya:

  • Pastikan mobil dalam keadaan diam dan aman.
  • Semprotkan cairan penetran secara merata di sekitar mur roda.
  • Diamkan beberapa menit agar cairan bekerja maksimal.
  • Coba buka mur roda menggunakan kunci roda standar.
Baca Juga:  Banyak Dicari! Honda Jazz Generasi Pertama (GD3), Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Jika masih terasa berat, kamu bisa bantu dengan kunci roda yang memiliki tuas lebih panjang atau menggunakan pipa perpanjangan agar daya ungkit lebih besar.

Baca Juga: Tips Merawat Long Travel Inverted Front Fork Honda CRF150L Agar Tetap Optimal

Tips Tambahan: Cegah Masalah Ini Terulang Lagi

  • Rutin periksa dan buka mur roda, minimal saat servis berkala.
  • Gunakan anti karat di bagian drat mur jika kendaraan sering melintasi daerah basah atau pesisir.
  • Pastikan mur tidak dikencangkan secara berlebihan saat memasangnya kembali.
Baca Juga:  Pilihan Oli Terbaik untuk Yamaha NMAX Turbo 2024: Perlindungan Maksimal, Performa Optimal!

Trik Sederhana yang Bikin Aman

Mur roda yang macet memang menjengkelkan, tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Dengan penanganan yang tepat dan tidak dipaksa, kamu bisa membuka mur dengan aman tanpa merusak komponen penting.

Ingat, kadang solusi terbaik itu bukan dengan tenaga, tapi dengan cara yang cerdas dan aman. Jadi, jangan asal putar mur roda yang keras, bisa-bisa malah bikin repot dan keluar biaya lebih besar!

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.