Ngabuburit Bikin Engine Guard

Otoinfo.id – Peranti yang satu bukan hanya sekedar aksesori pemanis atau untuk tampil gagah-gagahan saja, tetapi punya banyak kelebihan dan fungsi guna untuk melindungi motor tunggangan.

Dari namanya saja sudah dapat dipastikan. Engine guard berguna untuk melindungi bagian luar mesin baik itu blok mesin ataupun bagian cylinder blok dari benturan benda keras ketika terjadi insiden (kecelakaan/terjatuh) sehingga area mesin terlindungi.

Beberapa pabrikan yang melansir motor tipe cruiser, touring maupun adventure rata-rata sudah menyertakan peranti ini pada motor. Misal saja Harley Davidson, BMW tipe GS, dll. Namun untuk produk motor yang dilansir di tanah air jarang bahkan hampir tak ada yang membekali motor lansirannya dengan engine guard.

Tak kurang akal, Dirgahayu Adi salah satu member Pesantenan Tiger Riders Pati berusaha mensiasatinya dengan membuat sendiri peranti pelindung mesin untuk motor besutannya. “Lebih aman dan pede saat dipakai turing terutama saat melibas jalanan yang kasar dan berbatu”, ujar Jembul, sapaan akrabnya.

Simple dan minimalis, begitu konsep dan model yang dianut oleh Jembul. Menggunakan bahan pipa diameter 1 inchi dengan ketebalan 2 mm, Jembul mendesain lekuk-lekuk pipa sedemikian rupa sehingga melindungi bagian mesin baik kanan maupun kiri.

Untuk tekuk pipa menggunakan cara roll hidrolis. Demikian juga teknik pengelasan dengan las argon. Sehingga, “Hasilnya lebih presisi dan halus”, terang pria yang berprofesi sebagai pelaut ini.

Model dari engine guard sendiri bermacam-macam. Selain dari yang berbentuk seperti tubular yang membungkus mesin, ada juga bentuk kupu dan palang yang berfungsi juga sebaga crash bar. Gondronk