Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Nostalgia nih! Suzuki Shogun Kebo, Motor Bebek 4-Tak Pertama dari Suzuki di Indonesia

Nostalgia nih! Suzuki Shogun Kebo, Motor Bebek 4-Tak Pertama dari Suzuki di Indonesia

Otoinfo – Suzuki Shogun Kebo adalah salah satu motor legendaris yang dikenang banyak pecinta otomotif di Indonesia.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, motor ini telah menorehkan sejarah sebagai motor bebek 4-tak pertama dari Suzuki di tanah air. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang sejarah, desain, performa, teknologi, dan nilai ekonomis dari Shogun Kebo.

Sejarah Singkat Suzuki Shogun Kebo

Suzuki Shogun Kebo pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995. Motor ini diproduksi hingga tahun 1999 dengan kode produksi FD110.

Pada masa itu, Suzuki Shogun merupakan salah satu motor yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Motor ini dikenal dengan performanya yang tangguh dan desain yang unik.

Awal Mula Peluncuran

Suzuki Shogun Kebo diluncurkan pada saat industri otomotif Indonesia sedang bergairah dengan berbagai inovasi.

Memasuki akhir dekade 90-an, banyak pabrikan motor mulai beralih ke mesin 4-tak untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Suzuki Shogun hadir sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut, menggantikan mesin 2-tak yang sebelumnya banyak digunakan pada motor bebek.

Baca Juga:  Honda EM1 e: Plus, Motor Listrik Baru yang Siap Mengaspal di Indonesia

Desain Suzuki Shogun Kebo

Suzuki Shogun Kebo mengadopsi desain bodi yang mirip dengan Suzuki Tornado. Namun, terdapat beberapa perbedaan signifikan, terutama pada bagian mesinnya.

Desain bodi Shogun Kebo terlihat lebih bongsor dan mengotak, dengan lampu utama yang meruncing dan bodi belakang yang menggembung.

Detail Desain

  1. Lampu Utama dan Bodinya: Desain lampu utama Shogun Kebo terlihat membulat ala UFO, memberikan kesan futuristik pada zamannya.
  2. Bodi: Bagian bodi belakang yang menggembung serupa dengan desain Tornado GS, namun dengan dimensi yang lebih besar.
  3. Sistem Pengereman: Generasi pertama Shogun Kebo menggunakan rem teromol pada bagian depan dan belakang, namun pada tahun 1997, Suzuki melakukan penyegaran dengan mengganti rem depan menjadi rem cakram.

Performa Mesin Suzuki Shogun Kebo

Performa mesin Suzuki Shogun Kebo tidak dapat diragukan lagi. Motor ini dilengkapi dengan mesin 4-tak berkapasitas 110cc, yang pada masanya, dianggap sangat bertenaga dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Spesifikasi Mesin

  • Kapasitas Mesin: 109cc
  • Tipe Mesin: 4-tak, silinder tunggal, pendingin udara, OHC, 2 valve
  • Karburator: Mikuni VM 17 dengan tingkat presisi tinggi
  • Tenaga Maksimal: 9,8 PS pada 7.000 rpm
Baca Juga:  Calya Baru 2024: Mobil Keluarga Murah dan Irit BBM

Performa yang dihasilkan oleh mesin Shogun Kebo setara dengan motor bebek modern berkapasitas 125cc. Dengan top speed mencapai 120 km/jam dalam kondisi standar, Shogun Kebo menjadi salah satu motor bebek tercepat di masanya.

Teknologi dan Inovasi

Shogun Kebo dilengkapi dengan berbagai teknologi inovatif yang membuatnya unggul di antara motor bebek lainnya.

CDI dengan Limiter Tinggi

Shogun Kebo menggunakan CDI lansiran Shindengen yang memiliki limiter tinggi, memungkinkan putaran mesin mencapai hingga 13 ribu rpm. Limiter ini berfungsi untuk menjaga durabilitas mesin agar tetap optimal meskipun dipacu pada putaran tinggi.

Rancangan Mesin Kompetisi

Meskipun dirancang untuk penggunaan sehari-hari, Suzuki tetap mempertahankan spesifikasi mesin Shogun Kebo agar memiliki performa kompetisi. Beberapa inovasi yang diterapkan antara lain:

  • Per Klep Ganda: Setiap klep dilengkapi dengan per klep ganda untuk reaksi buka tutup klep yang lebih baik.
  • Noken As: Didisain untuk mencapai efisiensi volumetrik maksimal dengan lift lebih besar dibandingkan Shogun 125.
  • Cylinder Head: Menggunakan desain kubah cekung mendekati konsep Hemi-spherical, yang memberikan efisiensi aliran udara lebih baik.
Baca Juga:  Honda BeAT Terbaru 2024: Spesifikasi, Motif, dan Harga

Nilai Ekonomis dan Pasar Bekas

Shogun Kebo hingga kini masih banyak dicari oleh kolektor dan penggemar motor klasik. Harga motor bekas ini mulai naik seiring dengan meningkatnya minat restorasi dan koleksi motor klasik.

Harga Pasar Bekas

  • Kondisi Standar: Rp 3 juta
  • Kondisi Bahan: Rp 1,5 juta
  • Kondisi Restorasi: Rp 5 juta hingga Rp 7,5 juta

Motor Shogun Kebo bekas yang kondisinya masih bagus banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Suzuki Shogun Kebo adalah motor legendaris yang menawarkan kombinasi sempurna antara performa, desain, dan teknologi. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, tidak heran jika motor ini masih dikenang dan dicari oleh banyak penggemar otomotif di Indonesia.

Dengan segala aspek yang telah dibahas di atas, kami yakin bahwa artikel ini dapat memberikan informasi yang komprehensif dan mendalam tentang Shogun Kebo, sehingga dapat menjadi referensi utama bagi para penggemar otomotif dan pencari informasi tentang motor legendaris ini. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.