Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Oli Menyembur Dari Lubang Dipstick Oli Mesin Diesel, Ini Penyebabnya

Oli Menyembur Dari Lubang Dipstick Oli Mesin Diesel, Ini Penyebabnya

Oli Menyembur Dari Lubang Dipstick Oli Mesin Diesel, Ini Penyebabnya

Otoinfo.id – Mengecek kondisi mesin mobil diesel tidak cukup hanya melihat indikator di dashboard. Salah satu cara sederhana adalah memeriksa dipstick oli mesin. Jika saat dipstick dibuka oli menyembur keluar, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah serius pada mesin.

Agus Woles, kepala bengkel spesialis X-Boost Station, menjelaskan bahwa kondisi oli yang menyembur dari lubang dipstick biasanya berhubungan dengan ring piston yang sudah aus.

Mengapa Oli Bisa Menyembur dari Dipstick?

Ring piston memiliki peran penting dalam menjaga kompresi ruang bakar dan mencegah tekanan gas turun ke ruang oli.
“Celah ring piston standar bawaan mobil ada di kisaran 0,20–0,38 mm. Jika sudah melewati batas toleransi, kompresi mesin bisa bocor,” jelas Agus.

Kompresi yang bocor membuat tekanan gas turun ke bawah menuju carter oli. Tekanan ini mendorong oli hingga menyembur keluar lewat dipstick.

Dampak Keausan Ring Piston

  • Kompresi mesin menurun sehingga tenaga mesin terasa loyo.

  • Konsumsi oli meningkat karena oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

  • Asap knalpot berlebih yang biasanya berwarna biru akibat oli terbakar.

  • Risiko kerusakan lanjutan pada liner silinder jika keausan semakin parah.

Baca Juga:  Inilah 5 Oli Mesin Yamaha Nmax Yang Mampu Meningkatkan Performa Secara Ajaib!

Baca Juga: Oli Gardan Mobil Sering Lupa Diganti, Ini Dampak Jangka Panjangnya

Dampak pada Performa Mesin Diesel

Jika masalah ini diabaikan, performa mesin diesel akan semakin menurun. Ring piston yang aus parah membuat tenaga mesin tidak maksimal karena tekanan kompresi tidak optimal. Akibatnya, kendaraan terasa berat saat berakselerasi dan boros bahan bakar.

Selain itu, tekanan oli yang tidak stabil juga bisa merusak komponen lain dalam sistem pelumasan mesin.

Solusi Mengatasi Oli Menyembur dari Dipstick

Menurut Agus, satu-satunya solusi adalah melakukan overhaul mesin.
“Mesin harus dibongkar dan ring piston diganti dengan yang baru. Jika keausan sudah merembet ke liner silinder, maka liner juga harus diganti agar gap ring piston kembali sesuai,” jelasnya.

Dengan penggantian komponen ini, kompresi mesin bisa kembali normal, tenaga mesin pulih, dan oli tidak lagi menyembur keluar dari dipstick.

Baca Juga:  Inilah Cara Memilih Helm yang Tepat: Ukuran, Kenyamanan, dan SNI yang Wajib Diketahui!

Baca Juga: SCP Pikoli Seri Ketiga Siap Digelar di Sirkuit Manggul Lahat, Bakalan Seru dan Ramai!

Oli yang menyembur dari lubang dipstick mesin diesel bukanlah hal sepele. Gejala ini menjadi indikasi ring piston aus yang menyebabkan kebocoran kompresi dan tekanan oli tidak stabil. Jika dibiarkan, dampaknya bukan hanya performa mesin yang menurun, tetapi juga kerusakan lebih besar pada komponen mesin.

Maka dari itu, jika menemukan tanda ini, segera lakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya untuk mencegah kerusakan lebih parah.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.