Otoinfo – Suzuki Burgman 650. Penggunaan teknologi CVT turbo dalam dunia otomotif skutik memang menjadi perbincangan hangat, terutama setelah Yamaha meluncurkan varian Nmax Turbo yang mendapat banyak perhatian.
Namun, tahukah Anda bahwa Suzuki sebenarnya lebih dulu mengimplementasikan teknologi ini dalam Suzuki Burgman 650? Mari kita simak perbandingan antara kedua produk ini yang menggunakan teknologi CVT turbo.
Suzuki Burgman 650: Pioneer Teknologi CVT Turbo
Sebelum Yamaha Nmax Turbo menjadi sorotan, Suzuki telah melangkah lebih dulu dengan memperkenalkan teknologi CVT turbo melalui Suzuki Burgman 650.
Kendaraan ini tidak hanya menggunakan CVT turbo, tetapi juga memperkenalkan sistem Suzuki electrical Control CVT (S-CVT). Teknologi ini dikembangkan dengan cermat oleh Kazutoshi Ohashi dari Motorcycle Engineering Design Department 3, Suzuki.
Teknologi S-CVT: Lebih dari Sekadar CVT Turbo
Suzuki Burgman 650 dilengkapi dengan teknologi S-CVT yang mengintegrasikan kontrol elektronik pada mesin dan transmisi. Hal ini memungkinkan pengaturan yang lebih presisi terhadap diameter puli depan dan puli bergerak dengan motor aktuator elektrik.
S-CVT menggunakan tiga sensor utama, yaitu sensor posisi puli depan, sensor posisi crankshaft, dan sensor putaran puli belakang. Dengan sensor-sensor ini, sistem dapat menghitung rasio CVT berdasarkan kecepatan motor dan posisi throttle.
Mode Berkendara yang Fleksibel
Burgman 650 menawarkan tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara:
- Mode Normal: Dirancang untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dengan rasio CVT yang efisien.
- Mode Power: Memberikan akselerasi maksimal untuk perjalanan jauh atau gaya berkendara yang lebih sporty.
- Mode Manual: Memungkinkan pengendara untuk memilih 5-speed berdasarkan rasio yang ditetapkan, memberikan pengalaman berkendara yang lebih personal dan membantu dalam engine brake saat menuruni jalan.
Perbandingan dengan Yamaha Nmax Turbo
Meskipun Yamaha Nmax Turbo juga menggunakan teknologi CVT turbo, terdapat perbedaan signifikan dalam pendekatan dan fitur yang ditawarkan:
- Y-Connect: Yamaha Nmax Turbo dilengkapi dengan Y-Connect yang menawarkan tiga tingkatan mode berkendara, tetapi tidak sefleksibel Burgman 650 dalam pengaturan dan adaptasi gaya berkendara.
- Fitur-Fitur Unggulan: Suzuki Burgman 650 dengan S-CVT tidak hanya menawarkan efisiensi bahan bakar yang optimal dan akselerasi maksimal, tetapi juga memberikan kemudahan dalam mengendalikan motor dengan berbagai mode berkendara yang bisa disesuaikan.
Suzuki Burgman 650 dengan teknologi S-CVT telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin dalam inovasi CVT turbo sebelum Yamaha Nmax Turbo diluncurkan.
Dengan fitur-fitur yang lebih fleksibel dan adaptif, Burgman 650 tidak hanya memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan gaya berkendara mereka, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih personal dan efisien.
Meskipun Suzuki terkenal dengan inovasi teknologi yang maju, namun demikian, kurang dalam hal pengemasan teknologi, termasuk teknologi CVT turbo. Otoinfo.
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer