Panduan Membeli Mobil Bekas: Inilah Mesin Mobil Sehat dan Terawat

Panduan Membeli Mobil Bekas Inilah Mesin Mobil Sehat dan Terawat

Otoinfo – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang bijak jika Anda ingin mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau.

Namun, ada risiko tersendiri karena penjual seringkali akan menyembunyikan kekurangan mobil yang dijual.

Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri mesin mobil yang sehat dan terawat agar Anda tidak terjebak dalam pembelian yang merugikan.

Mudah Dihidupkan

Salah satu indikasi utama dari kesehatan mesin mobil adalah kemudahan dalam menghidupkannya. Mesin yang sehat akan langsung menyala saat kunci kontak diputar tanpa perlu berulang kali mencoba.

Baca Juga:   Mini Cooper 1.6S Turbo! Pilihan Terjangkau dengan Performa Mewah!

Jika mesin mobil mengalami kesulitan untuk menyala atau butuh beberapa kali percobaan, kemungkinan ada masalah pada sistem pengapian. Sebuah mobil yang berkualitas baik harusnya bisa menyala dengan sekali putaran kunci kontak.

Tidak Ada Suara Tambahan Saat Mobil Dihidupkan

Ketika Anda menghidupkan mesin mobil bekas yang akan di cek, perhatikan dengan teliti suara yang dihasilkan oleh mesinnya. Mesin yang sehat akan menghasilkan suara yang halus dan tidak berisik.

Baca Juga:   Tips: Gunakan Noken As Kawahara, Menaikan Tenaga Tanpa Harus Bore Up!

Dengarkan dengan seksama apakah ada suara-suara asing seperti gemeretak, berisik, atau ketukan yang tidak biasa. Jika ada, hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya masalah pada mesin atau komponen lainnya.

Namun, pastikan untuk tidak menekan pedal gas terlalu dalam saat menghidupkan mesin agar dapat mendengarkan suara mesin dengan jelas.

Tidak Ada Getaran atau Goyangan yang Berlebihan

Mesin mobil yang sehat akan menghasilkan putaran yang stabil tanpa adanya getaran atau goyangan yang berlebihan.

Baca Juga:   Mengapa Toyota Voxy 2017 Bisa Menjadi Pilihan Ideal untuk Mudik Lebaran: Ini Fitur dan Keunggulannya!

Jika Anda merasakan getaran yang tidak wajar saat mesin mobil dihidupkan, bisa jadi ada masalah pada komponen mesin atau sistem penggeraknya.

Getaran yang berlebihan dapat menjadi tanda adanya ketidakseimbangan pada bagian-bagian tertentu dalam mesin. Sebuah mesin yang terawat dengan baik harusnya mampu menjaga putaran mesin dalam kondisi stabil tanpa adanya getaran yang mencolok.