Pecinta 2 Tak Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Yamaha RX-King Cobra dan RX-King Master

Pecinta 2 Tak Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Yamaha RX-King Cobra dan RX-King Master

Otoinfo – Jika Anda mengaku sebagai pencinta motor 2-tak, namun belum memahami perbedaan antara Yamaha RX-King Cobra dan RX-King Master, maka artikel ini penting untuk disimak. Yamaha RX-King telah melalui beberapa generasi sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia hingga akhirnya dihentikan produksinya. Meski memiliki tampilan yang serupa, kedua varian ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama dalam hal transmisi dan performa.

Yamaha RX-King Cobra: Generasi Awal (1983-1994)

Unit pertama yang dikenal dengan sebutan RX-King Cobra adalah yang diluncurkan pada periode tahun 1983-1994. Salah satu perbedaan utamanya terletak pada transmisi. Gigi rasio RX-King Cobra memiliki jarak yang lebih rapat dibandingkan dengan RX-King Master. Selain itu, formasi gir depan dan belakangnya juga berbeda. RX-King Cobra menggunakan gir depan dengan ukuran 14T dan gir belakang dengan ukuran 37T.

Baca Juga:   Kawasaki Z900 ABS dan Z900 SE, Menggoda di Pasar Malaysia

Yamaha RX-King Master: Generasi Selanjutnya (1994-2009)

Unit selanjutnya adalah Yamaha RX-King Master yang diproduksi dari tahun 1994 hingga dihentikan pada tahun 2009. Meskipun secara tampilan mirip dengan RX-King Cobra, namun terdapat perbedaan signifikan pada transmisinya. RX-King Master menggunakan gir depan berukuran 15T dan gir belakang berukuran 37T. Perbedaan ini berdampak pada performa, dimana  RX-King Cobra cenderung memiliki napas yang lebih panjang dan torsinya lebih besar dibandingkan dengan RX-King Master.

Baca Juga:   Spesifikasi Lengkap Honda ADV 160, Mesin, Transmisi, dan Fitur Utama

Dampak Perbedaan Transmisi

Perbedaan pada gigi rasio dan ukuran gir antara kedua varian ini berpengaruh pada performa masing-masing. Banyak penggemar Yamaha RX-King Master yang memilih untuk mengganti formasi gir mereka dengan menggunakan gir RX-King Cobra untuk mendapatkan akselerasi awal yang lebih baik.

Buat para pecinta motor 2-tak dari Yamaha, kini Anda telah mengetahui perbedaan antara Yamaha RX-King Cobra dan RX-King Master. Meski mirip secara visual, namun perbedaan dalam hal transmisi dan performa membuat keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Otoinfo.

Baca Juga:   Spesifikasi Lengkap Hyundai Creta, Temukan Kelebihannya Sekarang!