Pembaruan Tesla Cybertruck: Kecepatan Pengisian Daya Meningkat Pesat!

Pembaruan Tesla Cybertruck Kecepatan Pengisian Daya Meningkat Pesat!

Otoinfo – Dengan banyaknya keluhan dari konsumen yang menyebutkna bahwa pengisian daya Cybertruck ini kalah jauh dibandingkan kompetitornya, sehingga mau tidak mau Tesla harus membereskan masalah ini segera mungkin.

Menurut insinyur utama Tesla, peningkatan performa pengisian daya Cybertruck akan dilakukan melalui pembaruan over the air (OTA). Ini akan meningkatkan sistem pengisian daya kendaraan komersial bertenaga baterai ini. Masalah lain yang mungkin dialami oleh pemilik Cybertruck saat ini, yang juga akan diperbaiki dengan pembaruan OTA mendatang, adalah penurunan kecepatan pengisian daya saat baterai dalam kondisi sangat rendah.

Baca Juga:   BYD Mencapai Produksi Lebih Dari 6 Juta Produksi Mobil Listrik dan Hybrid

Saat ini jaringan supercharger Tesla memang belum mendukung stop kontak 800 volt. Masalah ini, ditambah dengan beberapa bug perangkat lunak, dan akan segera diatasi melalui pembaruan yang akan datang.

Tesla Cybertruck adalah kendaraan listrik pertama yang menggunakan arsitektur pengisian daya 800 volt. Secara teori, sistem ini seharusnya mampu mengisi daya dengan sangat cepat. Namun, pengujian menunjukkan bahwa paket baterai berkapasitas sekitar 123 kilowatt-jam tidak mengisi daya lebih cepat dibandingkan dengan Rivian R1T yang menggunakan baterai 400 volt.

Baca Juga:   Yamaha Sunday Race: Puncak Event, Jadi Magnet Perhatian di Mandalika

Pembaruan ini pertama kali diumumkan pada April lalu oleh mantan SVP Powertrain dan Energi Tesla, Drew Baglino. Baglino menyatakan bahwa perbaikan melalui OTA akan meningkatkan kecepatan pengisian daya rata-rata hingga 154 mil dalam waktu 15 menit.

Namun, Baglino tidak menyebutkan apakah peningkatan kurva pengisian daya ini akan berlaku untuk versi penggerak semua roda dual-motor atau tri-motor Cyberbeast. Kita lihat saja nanti bagaimana akhirnya.

Baca Juga:   Mercedes-Benz EQS Akan Diluncurkan di Indonesia!

Dalam versi perangkat lunak saat ini, pengisian ulang selama 15 menit pada pengisi daya cepat DC dapat menambah jarak tempuh hingga 128 mil untuk Cyberbeast dan hingga 136 mil untuk versi AWD. Meningkatkan jarak tempuh hingga 154 mil berarti peningkatan sebesar 13 persen untuk motor ganda dan 20 persen untuk Cyberbeast.