Penasaran Siapa Penemu Mesin 2 Tak? Ini Dia!

Mesin KTM yang digunakan di motor KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI

Otoinfo.id – Pecinta mesin motor 2 langkah pasti masih banyak yang tidak tau siapa penemu mesin berasap ini. Memang populasi motor 2 tak saat ini sudah tidak produksi lagi, namun masih banyak yang merawat motor 2 tak sampai saat ini, bahkan menjadi bahan kolesi.

Nih, kalian penggemar motor 2 langkah harusnya berterimakasih dengan orang yang satu ini, karena berkat beliau mesin-mesin yang kondang akan tenaganya ini bisa dinikmati sampai saat ini.

Baca juga : Aksi Peduli @bebekgoreng2tak, Berikan Bantuan Korban Kebakaran Tolitoli

Dia adalah Sir Dugald Clerk, ditulis dari Wikipedia, ia adalah seorang insinyur asal Skotlandia. Sir Dugald berhasil merancang mesin 2 tak ini pada tahun 1978 dan mematenkan ciptaannya ini pada tahun 1881 di Inggris.

Sir Dugald Clerk adalah penemu mesin motor 2 langkah

Pria kelahiran 31 Maret 1854 ini adalah direktur riset teknik untuk angkatan laut dalam perang dunia pertama. Pada awal pembuatan mesin 2 tak ini masih terbatas, kemudian penggunaannya pada gergaji mesin dan mesin tempel perahu.

Baca juga : Underbone 125Z KP Suspension (Wonosobo), Unik! Pengapian ‘Kawin Silang’ Yamaha Dengan Suzuki!

Walaupun Sir Dugald Clerk wafat pada tanggal 12 November 1932, mesin ciptaannya ini masih dikembangkan agar bisa lebih ramah lingkungan. Perlu diketahui bahwa mesin motor 2 tak ini lebih responsif dari pada mesin motor 4 tak dan juga memiliki keunggulan lainnya. Bagus Adit