Otoinfo – Royal Enfield Scram 411 adalah motor klasik modern yang menarik perhatian banyak pecinta sepeda motor. Dengan harga terjangkau dan desain yang unik, motor ini menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda. Artikel ini akan mengulas pengalaman berkendara dengan Royal Enfield Scram 411, serta fitur-fitur utamanya.
Pertama-tama, mari kita lihat bagaimana kesan pertama saat melihat motor ini. Dibandingkan dengan model Himalayan, Scram 411 memiliki desain yang lebih sederhana, lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari.
Anda akan melihat perbedaannya dalam detail-detail seperti absennya rak depan untuk menyimpan barang dan tangki cadangan, serta penggunaan stirrup di bagian belakang yang lebih sederhana. Selain itu, diameter roda pada motor ini lebih kecil, dengan roda depan berukuran 19 inci.
Sedangkan Himalayan memiliki roda depan berukuran 21 inci. Ini memberikan kesan bahwa Scram 411 lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari daripada petualangan yang ekstrem.
Salah satu fitur utama yang mencolok adalah speedometer. Kombinasi analog dan digital memberikan informasi yang diperlukan, termasuk odometer, trip meter A dan B, indikator bahan bakar, posisi gigi, indikator Eco, dan lampu indikator.
Ini sangat membantu bagi pengendara dalam memantau performa motor. Pada bagian panel kontrol, Anda akan melihat kemiripan dengan Honda Tiger, terutama pada saklar sebelah kanan yang memiliki tombol untuk mengganti odometer dan trip meter A serta B. Ini menunjukkan kesederhanaan desain motor ini.
Meskipun sederhana, Scram 411 menawarkan ruang tangki yang cukup besar dengan kapasitas 15 liter. Ini membuatnya cocok untuk perjalanan jarak jauh tanpa perlu sering berhenti untuk mengisi bahan bakar. Selain itu, jok bertingkat terhubung dengan model mod memberikan kenyamanan tambahan.
Lampu pada motor ini sebagian besar masih menggunakan lampu halogen, kecuali lampu rem yang menggunakan LED. Meskipun sederhana, lampu-lampu ini masih efektif dalam memberikan penerangan saat berkendara.
Selain itu, rem cakram pada kedua roda dan sistem ABS memberikan keamanan tambahan selama berkendara. Dalam hal ban, Scram 411 menggunakan ban dual purpose yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan, menjadikannya pilihan yang baik untuk perjalanan harian.
Secara suspensi, motor ini menggunakan suspensi depan yang mirip dengan Himalayan dengan diameter sekitar 41 milimeter, memberikan kesan kokoh. Di bagian belakang, terdapat suspensi tunggal dengan pengaturan pre-load.
Kombinasi ini membuat pengendara merasa nyaman selama berkendara, terutama saat melakukan perjalanan harian atau perjalanan jarak jauh. Tinggi jok yang hanya 800 milimeter membuatnya mudah dijangkau oleh pengendara dengan berbagai tinggi badan, sehingga membuatnya sangat ramah bagi pengendara Indonesia.
Ketika berkendara, posisi tangan yang lebih tinggi memberikan kenyamanan, dengan siku yang sedikit cekung. Namun, posisi kaki yang dekat dengan jok membuatnya cocok untuk perjalanan sehari-hari, meskipun mungkin agak tidak nyaman saat perjalanan jarak jauh.
Salah satu ciri khas Royal Enfield adalah bobotnya yang cukup besar. Dengan berat sekitar 194 kg, motor ini tergolong berat untuk kelasnya. Meskipun memberikan kesan kuat, beratnya dapat terasa saat manuver di parkiran atau saat motor sedang diangkat.
Namun, saat digunakan di jalan, bobotnya memberikan kestabilan ekstra saat berkendara dan ban dengan cengkeraman yang baik.
Meskipun memiliki karakteristik yang lebih cocok untuk perjalanan harian, motor ini masih memiliki daya tarik tersendiri dengan desain klasiknya.
Fitur utama termasuk rem cakram pada kedua roda, sistem ABS, dan penggunaan ban dual purpose. Semua ini menjadikan Scram 411 motor yang serbaguna dan cocok untuk berbagai kondisi jalan.
Mesin LS410, yang menggerakkan Royal Enfield Scram 411, adalah mesin berkapasitas 410 cc dengan karakteristik yang khas. Mesin ini menerapkan konsep “long stroke,” dengan pembakaran dua katup, pendinginan udara, dan pendingin minyak.
Meskipun tenaganya tidak terlalu besar, dengan 24.33 tenaga kuda, torsi mencapai 32 Nm, memberikan akselerasi yang cukup baik. Mesin ini mungkin tergolong kecil untuk kapasitas 400 cc, tetapi itu adalah bagian dari daya tariknya yang klasik.
Pembakaran yang lebih lambat dan perpindahan gigi yang spesifik memberikan pengalaman berkendara yang berbeda. Mesin ini memiliki karakteristik yang mirip dengan mesin klasik, dengan torsi yang besar pada putaran rendah.
Salah satu fitur menarik adalah panjang rasio gigi yang memberikan pengalaman yang unik. Beberapa gigi memiliki rasio yang sangat panjang, terutama pada gigi 2, 3, 4, dan 5. Ini membuat pengendara merasa seperti mesin sudah mencapai kecepatan tertinggi pada gigi tersebut.
Pengalaman perpindahan gigi juga berbeda dari motor biasa, di mana perlu menyesuaikan cara mengoperasikannya. Saat berpindah gigi, pengendara harus melepaskan kopling, mengganti gigi, dan kemudian melepaskan kopling lagi sebelum mempercepat. Ini memberikan pengalaman yang khas dan berbeda dari motor biasa.
Meskipun berbeda dalam karakter, mesin ini memiliki sejumlah kelebihan. Mesin ini dilengkapi dengan keseimbangan poros engkol yang mengurangi getaran, bahkan pada putaran tinggi.
Ini menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih halus dibandingkan dengan mesin Royal Enfield klasik lainnya. Meskipun masih ada getaran, itu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mesin model-model sebelumnya.
Mesin juga tidak menghasilkan panas berlebih. Meskipun terasa sedikit panas saat berhenti di lampu merah, hal ini tidak menjadi masalah saat berkendara.
Sehubungan dengan mesin, saat digunakan dengan cara yang agresif, perpindahan gigi mungkin agak lambat, bahkan terkadang terjadi suara berdenting. Namun, karakter ini adalah bagian dari pesona klasik mesin ini.
Dalam hal performa, jangan berharap terlalu banyak dari mesin ini. Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai hanya sekitar 130 km/jam, dan akselerasi tidak terlalu cepat.
Meskipun mesin memiliki torsi yang besar, performa mesin ini lebih cocok untuk perjalanan santai daripada balap. Ini adalah motor harian yang nyaman dan tidak boros bahan bakar, cocok untuk penggunaan sehari-hari.
Harga Royal Enfield Scram 411 juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan harga sekitar 130.8 juta rupiah on the road di Jakarta, motor ini terjangkau untuk sepeda motor berkapasitas 400 cc.
Harga ini masih tergolong terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan sepeda motor sekelasnya. Royal Enfield Scram 411 menawarkan nilai luar biasa untuk uangnya.
Motor ini memiliki daya tariknya sendiri sebagai motor klasik modern. Meskipun tidak secepat atau sekuat sepeda motor sport, motor ini menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda, lebih cocok untuk mereka yang menghargai gaya klasik, kenyamanan, dan harga yang terjangkau.
Royal Enfield Scram 411 adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin tampil berbeda dengan gaya berkendara yang santai. Otoinfo
More Stories
Kelas di Atas KLX150 Harga Wow, Intip Spek dan Tampilan Motor Trail Kawasaki Terbaru
Perang Harga Bikin Mobil Listrik Bekas Sulit Laku, Wuling Binguo EV Mengendap 3 Bulan di Showroom
Harga Mobil Bekas Toyota Agya Mulai Rp 80 Jutaan, Murah untuk LCGC Keluarga!