Otoinfo- Servis berkala motor adalah tindakan yang harus dilakukan oleh setiap pemilik motor untuk menjaga performa kendaraan mereka tetap optimal.
Namun, seringkali pemilik motor bingung tentang kapan sebaiknya mereka melakukan servis berkala dan berapa biaya yang akan dikeluarkan.
Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut, kami akan memberikan panduan servis berkala pada satu tahun pertama kepemilikan motor, dengan mengambil contoh model yang populer di Indonesia saat ini, yaitu Honda BeAT.
Servis Pertama: 1.000 km atau 2 Bulan
Servis pertama pada Honda BeAT sebaiknya dilakukan saat odometer mencapai angka 1.000 km atau setelah dua bulan pemakaian, tergantung pada mana yang lebih dulu tercapai.
Servis ini penting karena merupakan tahap akhir dari quality control (QC) motor yang baru dijual kepada konsumen.
Pada servis pertama, Anda akan mendapatkan gratis penggantian oli dan biaya jasa, sehingga tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan.
Servis Kedua: 4.000 km atau 4 Bulan
Servis kedua dilakukan saat odometer mencapai 4.000 km atau setelah empat bulan pemakaian, tergantung pada mana yang lebih dulu tercapai.
Pada servis kedua, prosesnya hampir sama dengan servis pertama, yaitu penggantian oli dan pemeriksaan komponen-komponen.
Namun, pada servis ini, Anda tidak akan mendapatkan oli gratis, hanya gratis biaya jasa. Jadi, Anda hanya perlu membayar sesuai harga oli motor Anda.
Sebagai contoh, untuk Honda BeAT, oli yang digunakan adalah SPX-2 dengan harga sekitar Rp 58 ribu.
Servis Ketiga: 8.000 km atau 8 Bulan
Servis ketiga dilakukan saat odometer mencapai 8.000 km atau setelah delapan bulan pemakaian.
Pada servis ini, Anda masih akan mendapatkan gratis biaya jasa. Pemeriksaannya hampir sama dengan servis pertama dan kedua, tetapi pada servis ketiga, busi harus diganti sesuai standar Honda, dengan harga sekitar Rp 35 ribu.
Selain itu, Anda juga harus mengganti oli gardan dengan biaya sekitar Rp 20 ribu.
Jadi, total biaya servis ketiga untuk pemilik Honda BeAT adalah sekitar Rp 113 ribu, dengan rincian Rp 58 ribu untuk oli mesin, Rp 35 ribu untuk busi, dan Rp 20 ribu untuk oli gardan.
Servis Keempat: 12.000 km atau 12 Bulan
Servis keempat dilakukan saat odometer mencapai 12.000 km atau setelah 12 bulan pemakaian.
Pada servis ini, Anda masih akan mendapatkan gratis biaya jasa. Pemeriksaannya lebih komprehensif, termasuk penggantian kampas rem depan dan belakang, pemeriksaan lampu rem, pemeriksaan CVT, dan pemeriksaan busi, antara lain.
Karena kampas rem biasanya diganti saat odometer mencapai 10.000 km, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp 85 ribu untuk penggantian kampas rem.
Jadi, total biaya servis keempat untuk pemilik Honda BeAT adalah sekitar Rp 143 ribu, dengan rincian Rp 58 ribu untuk oli mesin dan Rp 85 ribu untuk kampas rem.
Dengan demikian, dalam setahun pertama kepemilikan Honda BeAT, Anda dapat mengharapkan total biaya servis sekitar Rp 314 ribu, dengan rincian Rp 58 ribu saat servis kedua, Rp 113 ribu saat servis ketiga, dan Rp 143 ribu saat servis keempat.
Perlu diingat bahwa estimasi biaya di atas dapat bervariasi tergantung pada model, dealer, dan faktor lainnya.
Harga juga dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, selalu pastikan untuk menghubungi dealer resmi Honda untuk mendapatkan perkiraan biaya servis yang akurat sesuai dengan model motor Anda.
Baca juga: Honda Gold Wing: Matic Premium Honda 6 Silinder Terbaru!
Otoinfo – Untuk informasi lebih lanjut tentang servis motor dan pemeliharaan kendaraan lainnya, kunjungi Otoinfo.
More Stories
Daihatsu Buka Peluang Produksi Lokal Rocky Hybrid, Asal Penjualannya Moncer!
Rocky Hybrid Jadi Mobil Hybrid Terlaris di GIIAS 2025! Daihatsu Kantongi 580 SPK
Astra Financial Dukung UMKM Lewat GIIAS 2025: Rumah Batik Cikuya Jadi Simbol Komitmen Berkelanjutan