Perbandingan Yamaha XMAX TechMAX dan Honda Forza 250: Mana yang Lebih Unggul?

Perbandingan Yamaha XMAX TechMAX dan Honda Forza 250 Mana yang Lebih Unggul

Otoinfo – Yamaha XMAX TechMAX baru saja meluncur di Inonesia, motor 250cc premium ini dijual seharga Rp 71,3 juta, lebih terjangkau di banding  pesaingnya yaitu Honda Forza 250 yang di banderol dengan harga Rp 90,33 juta.

Spesifikasi XMAX TechMAX sendiri dilengkapi dengan mesin Bluecore 250 cc 1-silinder SOHC 4-katup yang menghasilkan tenaga sebesar 16,8 kW atau setara 22,5 TK pada 7.000 RPM dan torsi 24,3 Nm pada 5.550 RPM.

Selain itu ada aksesoris tambahan seperti jok dan cover lid pocket berlapis bahan seperti kulit, hand grip dengan tulisan TechMAX, serta pijakan kaki aluminium berlogo TechMAX. Fitur yang ditawarkan XMAX TechMAX hampir sama dengan XMAX yang diperkenalkan pada IMOS 2022.

Baca Juga:   Waw! Inilah Sejarah Suzuki Bandit 250cc yang Melegenda di Indonesia

Di sisi lain, Honda Forza 250 menggunakan mesin 250 cc SOHC eSP+ (enhanced Smart Power) berpendingin cairan. Mampu menghasilkan tenaga maksimum 17 kW atau setara 22,7 TK pada 7.750 RPM dan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 RPM.

Tampilan Forza baru ini lebih tajam dan agresif dengan pilihan warna yang beragam seperti Candy Syrah Wine Red, Matte Gunpowder Black Metallic, Pearl Glittering Blue, dan Pearl Smoky Gray.

Baca Juga:   Tampil Beda di Jalanan: Segudang Keunggulan Yamaha R25 yang Memikat Hati Pecinta Motor Sport

Dari segi fitur, Forza 250 tidak kalah lengkap dibandingkan XMAX TechMAX. Layar instrumen Forza adalah kombinasi antara jarum untuk RPM dan speedometer, serta layar MID di tengah yang penuh informasi.

Selain itu, Forza dilengkapi dengan windscreen yang dapat diatur tinggi rendahnya secara elektronik. Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Emergency Stop Signal (ESS) juga menjadi keunggulan Forza.

Baca Juga:   Honda Forza Deluxe: Skuter Matik Premium yang Tampil Lebih Mewah

Jika dibandingkan di atas kertas, mesin Forza sedikit lebih bertenaga, namun torsi XMAX TechMAX lebih besar. Tenaga dan torsi maksimal Forza diraih pada putaran mesin yang lebih tinggi, sehingga performa sesungguhnya harus dirasakan langsung di jalan.

Dari segi desain, kembali lagi kepada selera masing-masing. Yamaha memiliki tampilan agresif sejak awal, sementara Honda yang biasanya kalem kini mencoba tampil lebih agresif dengan bodi baru Forza.