Perbedaan Motor Desmosedici GP23 dan GP24 milik Marquez dan Bagnaia!

Perbedaan Motor Desmosedici GP23 dan GP24 milik Marquez dan Bagnaia!

Otoinfo – Ducati baru saja mengungkapkan perbedaan antara motor Desmosedici GP23 dan GP24.Marquez merupakan salah satu pengguna Desmosedici GP23 yang paling unggul dibandingkan tiga pebalap lainnya yang memakai motor serupa.

Motor tersebut berusia satu tahun lebih tua dibandingkan dengan motor milik Bagnaia, Martin, Morbidelli, dan Enea Bastianini. Meskipun menggunakan motor yang lebih tua, Marquez masih bisa bersaing untuk memperebutkan gelar.

Saat ini, The Baby Aliens telah mengumpulkan 136 poin dan berada di posisi ketiga klasemen sementara MotoGP 2024. Sebagai perbandingan, pebalap lain yang menggunakan Desmosedici GP23, seperti Di Giannantonio, berada di posisi kesembilan dengan 74 poin, sementara Álex Márquez di peringkat kesepuluh dan Bezzecchi di posisi kesebelas.

Baca Juga:   Jadwal Resmi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, 10-12 November 2023

GP23 memang membuat para pebalapnya, kecuali Marc, sangat menderita terutama pada bagian ban yang cepat habis. Namun, Marquez berhasil mengatasi masalah tersebut. Bagaimana seandainya Marquez menggunakan GP24 milik Bagnaia? Apakah ada perbedaan signifikan? Hmmm belum tentu juga ya.

Keunggulan utama GP24 terletak pada akselerasinya, meskipun Desmosedici GP23 unggul dalam kecepatan tertinggi berkat downforce yang lebih besar. Contoh sempurnanya adalah di Mugello: Marc mencatat kecepatan 360 km/jam dalam balapan, sementara Pecco dan Martín tidak melebihi 352 km/jam di trek lurus Italia.

Baca Juga:   Morbidelli Akui Tidak Mau Bandingkan Ducati dengan Yamaha

Aerodinamika memberikan lebih banyak keunggulan pada prototipe GP24. “Mesin yang lebih baik dengan tenaga yang sedikit lebih besar. Tahun ini kami memiliki paket GP24 yang sangat bagus,” ujar Davide Barana, Direktur Teknis Ducati Corse.

Bagnaia mengakui bahwa prototipe baru ini memiliki beberapa tambahan yang dia cari selama setahun sebelumnya, meskipun sedikit mengubah sensasi saat berkendara. “Sangat bagus dalam pengereman dan saat masuk tikungan,” kata Bagnaia.

Baca Juga:   Andrea Iannone Mengungkap Keinginan Mengendarai Ducati Desmosedici MotoGP