Otoinfo – Dalam dunia otomotif, perkembangan teknologi terus menghadirkan inovasi baru yang memengaruhi performa dan efisiensi kendaraan bermotor. Salah satu contohnya adalah teknologi Continuously Variable Transmission (CVT) yang digunakan pada Yamaha NMAX. Artikel ini akan mengulas secara mendalam perbedaan antara CVT pada model konvensional NMAX dengan varian terbaru, NMAX Turbo. Dari komponen belakang yang lebih besar hingga sistem elektrik yang canggih, kita akan melihat bagaimana evolusi ini mempengaruhi cara kendaraan bermotor modern beroperasi dan berperforma.
Perbedaan Komponen Teknologi CVT Yamaha NMAX Bagian Belakang CVT
Pertama-tama, mari kita telaah bagian belakang CVT. Pada NMAX Turbo, cover CVT hadir dengan fitur bearing yang lebih besar jika dibandingkan dengan versi NMAX Neo. Selain itu, puli belakang NMAX Turbo memiliki dimensi yang lebih besar dan lebih tebal, serta dilengkapi dengan rotor sensor untuk meningkatkan keakuratan pembacaan sensor.
Kampas Ganda dan Fan Belt yang Berbeda
Komponen kampas ganda pada NMAX Turbo dipasok oleh vendor XD, berbeda dengan NMAX Neo yang menggunakan vendor FCC. Kampas ganda XD pada NMAX Turbo lebih pendek namun lebih lebar, yang secara langsung mempengaruhi performa kendaraan dengan meningkatkan responsivitasnya. Fan belt NMAX Turbo (dengan kode B9Y) juga dirancang lebih lebar dan tebal dibandingkan dengan NMAX Neo (kode B8R), menawarkan durabilitas yang lebih baik dan meningkatkan ketahanan terhadap panas.
Perbedaan pada Puli Depan dan Sistem Elektrik
Pada bagian puli depan, NMAX Turbo menggunakan kode BLS, yang memiliki sudut kemiringan lebih landai daripada NMAX Neo (kode 2DP). Yang paling mencolok adalah penggunaan teknologi primary sliding pada NMAX Turbo, di mana puli depan tidak lagi digerakkan oleh roller seperti pada NMAX konvensional. Sebaliknya, NMAX Turbo menggunakan motor elektrik dan sistem gear untuk mengatur pergerakan puli depan secara presisi. Teknologi ini dikoordinasikan oleh sensor dan Transmission Control Unit (TCU), meningkatkan efisiensi dan performa keseluruhan kendaraan.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan teknologi CVT antara NMAX konvensional dan NMAX Turbo sangatlah signifikan. Yamaha NMAX Turbo hadir dengan komponen yang lebih besar dan kuat, serta sistem yang lebih canggih untuk mengatur pergerakan puli depan. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan, tetapi juga menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus dan responsif bagi penggunanya.Otoinfo.
More Stories
Ada yang Baru dari Proliner, Knalpot Pro-X Lebih Keren dengan Suara Ramah!
Kaliper Rem Belakang RCB E-45, Pilihan Tepat untuk Pengereman Lebih Responsif
Keren! Velg RCB Forged Dipakai Para Pemenang Sport 150 di Mandalika Racing Series 2025 Seri 3