Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Performa Mengagumkan! intip Teknologi Revolusioner NMax Turbo Bukan Sekadar Nama

Performa Mengagumkan! intip Teknologi Revolusioner NMax Turbo Bukan Sekadar Nama

OtoinfoPT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memberikan penjelasan mengenai cara kerja dari NMax Turbo generasi terbaru yang mungkin tidak sesuai dengan persepsi banyak orang tentang penamaan produk tersebut.

Asst. GM Marketing PT YIMM, turbo pada NMax generasi ketiga ini bukanlah turbo yang terpasang pada mesin seperti yang umum dikenal. Antonius menyadari bahwa dibutuhkan waktu untuk menjelaskan kepada konsumen mengenai cara kerja NMax ini.

Pasalnya, konsep turbo yang diterapkan berbeda dengan pemahaman umum. Teknologi yang digunakan pada NMax Turbo adalah Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), sebuah fitur inovatif yang menggantikan sistem CVT konvensional. YECVT ini bekerja dengan menggunakan komponen kelistrikan khusus, mencakup Control Unit, Actuator, dan beberapa sensor yang memiliki fungsi spesifik.

Berikut adalah komponen utama YECVT beserta fungsinya:

  • Transmission Control Unit (TCU): Bertugas mengatur pergerakan motor ECVT dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU).
  • ECVT Motor: Berfungsi untuk menggerakkan Pulley Primary.
  • Sensor Motor Position (Primary): Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke TCU.
  • Speed Sensor (Secondary): Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU.
Baca Juga:  HP Poco X5 Pro 5G Turun Harga 250 Ribu di Januari 2024, Ini Spesifikasinya

Komponen penggerak YECVT sendiri terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor, dan Gear Reduction Driven. Dengan adanya teknologi ini, diameter Pulley didesain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang serta lebih kuat pada area CVT NMax “TURBO”.

Baca Juga:  Harga Motor Honda Februari 2024, Inovasi Baru dengan Harga yang Menggiurkan

Hal ini membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif. Selain itu, NMax Turbo mengandalkan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum yang meningkat menjadi 14,2 Nm pada 6.500 rpm, dibandingkan dengan model sebelumnya yang memiliki torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Dengan teknologi YECVT dan mesin Blue Core terbaru, Yamaha NMax Turbo menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga dan responsif. Teknologi ini menunjukkan komitmen Yamaha dalam menghadirkan inovasi terkini untuk kenyamanan dan performa terbaik bagi para pengguna. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.