Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Punya Honda BeAT? Cek Cara Rawatnya Biar Awet dan Tetap Irit BBM!

Punya Honda BeAT? Cek Cara Rawatnya Biar Awet dan Tetap Irit BBM!

Punya Honda BeAT? Cek Cara Rawatnya Biar Awet dan Tetap Irit BBM!

Otoinfo.id – Honda BeAT dikenal sebagai motor matik yang irit dan cocok untuk aktivitas harian. Tapi agar performanya tetap optimal dan konsumsi BBM-nya tetap efisien, kamu harus tahu cara merawatnya dengan benar.

Sayangnya, banyak pengguna yang mengabaikan perawatan dasar. Padahal, perawatan ringan secara rutin bisa bikin Honda BeAT kamu makin awet, irit, dan nyaman dipakai setiap hari.

Berikut ini tips penting dari mekanik resmi Honda yang bisa kamu terapkan sekarang juga!

1. Rajin Panaskan Mesin Sebelum Jalan

Meski terlihat sepele, memanaskan mesin selama 5–7 menit di pagi hari sangat penting. Tujuannya untuk memastikan oli bersirkulasi sempurna ke seluruh bagian mesin sebelum digunakan.

Tanpa pemanasan, pelumasan tidak optimal dan konsumsi BBM bisa jadi lebih boros karena kerja mesin tidak efisien.

Baca Juga:  Jangan Asal Bersih! Ini Cara Aman Membersihkan V-Belt Motor Matic Biar Gak Cepat Rusak

Baca Juga: Eco Indicator Honda BeAT Street: Fitur Canggih Bikin Irit Tanpa Disadari!

2. Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi

Honda BeAT memiliki rasio kompresi 10:1, yang artinya motor ini idealnya menggunakan bahan bakar beroktan minimal RON 90 (seperti Pertalite).

Menggunakan BBM yang sesuai menjaga pembakaran tetap sempurna dan efisiensi bahan bakar maksimal. Sebaliknya, BBM di bawah standar bisa membuat mesin ngelitik dan boros BBM.

Cek rekomendasi bahan bakar di buku manual motor kamu, jangan asal isi demi penghematan jangka panjang!

Baca Juga:  Honda Sonic 150R Terbaru 2025: Tampang Lebih Sporty, Performa Tetap Buas

3. Servis Berkala Jangan Sampai Terlewat

Servis berkala bukan cuma ganti oli. Pemeriksaan rutin meliputi pengecekan filter udara, busi, sistem injeksi, hingga kondisi rem dan ban. Idealnya dilakukan setiap 2.000 km atau setiap 2 bulan.

Dengan servis rutin, performa mesin tetap prima dan risiko kerusakan besar bisa dihindari. Bonusnya, motor jadi lebih irit karena semua sistem bekerja secara efisien.

4. Periksa ECU dan Sistem Injeksi Secara Rutin

Honda BeAT sudah menggunakan sistem injeksi yang dikendalikan oleh ECU (Electronic Control Unit). Jika ECU bermasalah, motor bisa susah nyala, brebet, hingga boros BBM.

Maka dari itu, penting memeriksa sistem ini secara berkala di bengkel resmi Honda, terutama saat motor mulai menunjukkan gejala tidak normal.

Baca Juga:  Honda Brio: Kecil Tapi Tangguh, Mengapa Masih Jadi Pilihan Utama?

Baca Juga: Seberapa Ramah Lingkungan Honda BeAT dengan Teknologi eSP? Ini Faktanya!

Perawatan Rutin = Motor Awet + Hemat BBM

Merawat Honda BeAT agar tetap awet dan irit BBM sebenarnya sangat mudah. Dengan membiasakan memanaskan mesin, menggunakan BBM yang tepat, servis berkala, dan memeriksa ECU, kamu bisa menikmati motor yang selalu prima dan hemat di kantong.

Jadi, jangan tunggu rusak dulu. Yuk, rawat Honda BeAT kamu mulai hari ini demi kenyamanan dan efisiensi jangka panjang!

Sumber: https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-6410828/penting-begini-cara-merawat-honda-beat-biar-mesin-tetap-awet

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.