Otoinfo – Sebagai calon pembeli motor matik bekas, terutama Yamaha Mio, penting untuk memahami beberapa masalah umum yang sering muncul pada kendaraan yang sudah berumur. Dalam artikel ini, kita akan membahas tiga masalah utama yang perlu diwaspadai saat ingin meminang Yamaha Mio bekas. Mengetahui masalah-masalah ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih bijak sebelum melakukan pembelian.
CVT Yamaha Mio Berdengung dan Berdecit
Masalah pertama yang sering ditemui pada Mio bekas adalah suara berdengung dan berdecit pada bagian CVT. Ada dua penyebab umum suara berdengung ini. Pertama, suara dengung mungkin berasal dari gardan atau gear rasio yang mulai aus. Salah satu mata atau gigi pada gear rasio bisa mengalami keausan akibat kualitas oli gardan yang buruk. Sementara itu, suara berdecit pada CVT biasanya disebabkan oleh kampas dan mangkok kampas ganda yang licin. Pastikan untuk memeriksa kondisi gear rasio dan kampas ganda, serta kualitas oli gardan sebelum memutuskan untuk membeli.
Karburator yang Rentan Terkikis
Yamaha Mio menggunakan karburator jenis vakum, mirip dengan karburator Yamaha Scorpio. Masalah yang sering timbul pada karburator bekas Yamaha Mio adalah terkikisnya dinding jarum skep yang terbuat dari teflon dan dinding karburator. Ini dapat terjadi terutama pada kendaraan yang sudah berumur. Sebelum memutuskan pembelian, pastikan untuk memeriksa kondisi karburator, terutama dinding jarum skep dan dinding karburator, untuk menghindari masalah performa yang mungkin muncul di masa mendatang.
Engine Mounting Yamaha Mio yang Bermasalah
Penyakit ketiga yang harus diwaspadai pada Mio bekas adalah masalah pada engine mounting. Ciri-ciri engine mounting yang bermasalah dapat terlihat dari ketidaklurusan ban belakang jika dilihat melalui stoplamp dan sepatbor belakang. Jika ban belakang terlihat miring atau tidak sejajar dengan lampu rem, bisa jadi engine mounting perlu diganti. Perhatikan juga apakah terasa getaran saat melakukan manuver jalan, karena ini bisa menjadi indikasi masalah pada engine mounting.
Sebelum membeli Mio bekas, pastikan untuk memeriksa ketiga masalah yang telah disebutkan di atas. Pemeriksaan menyeluruh terhadap CVT, karburator, dan engine mounting dapat membantu Anda menghindari kerugian di masa depan. Dengan memahami dan waspada terhadap potensi masalah, Anda dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih baik dengan Yamaha Mio yang telah dipilih dengan cermat. Otoinfo.
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer