Otoinfo – Siapa yang masih setia dengan Honda Vario 125 Old? Meskipun gempuran motor PCX dan NMAX terus menghiasi jalanan, Vario 125 tetap menjadi teman setia bagi banyak pengguna, termasuk penulis yang telah bersamanya selama 10 tahun.
Namun, tahukah Anda bahwa di balik popularitasnya, motor ini punya sisi gelap yang tak banyak diketahui.
Prestasi Penjualan Honda Vario 125
Tahun 2021 menyaksikan kemenangan besar bagi Honda Vario 125, meraih gelar motor sejuta umat dengan penjualan mencapai 2.855.654 unit.
Per 2022, angka penjualannya bahkan melonjak menjadi lebih dari 7 juta unit.
Namun, apa sebenarnya yang terjadi ketika kita melihat lebih dalam ke dalam keseharian penggunaan motor ini?
Masalah Kengawuran yang Membuat Tarikan Gas Jadi Loyo
Pertama-tama, pengendara setia Honda Vario 125 sering merasakan ketidaknyamanan saat melewati polisi tidur, terutama yang berada di perumahan atau perkampungan.
Motor ini nampaknya tidak begitu ramah dengan polisi tidur yang tinggi. Pengendara sering merasakan njedhug, terlepas dari tinggi yang sebenarnya tidak berlebihan.
Apa penyebabnya? Beberapa teknisi menyebutkan bahwa desain komstir di stang kemudi dapat menjadi penyebab utama, terutama pada motor yang sudah berumur.
Balada CVT yang Sering Gredek
Masalah lain yang sering muncul pada Honda Vario 125 Old adalah CVT yang sering gredek. Pengguna yang sudah lama memakai motor ini biasanya harus rutin melakukan servis pada komponen CVT seperti roller, v-belt, dan pulley.
Roller, yang memiliki peran besar dalam mengatur putaran mesin, sering menjadi sumber masalah setelah melebihi batas pemakaian.
Meskipun Honda Vario Old mungkin berhasil meraih hati jutaan pengguna, ternyata motor ini juga punya masalah tersendiri.
Mulai dari ketidakramahan terhadap polisi tidur hingga masalah CVT yang sering gredek. Meski begitu, bagi pengendara setianya, cintanya pada motor ini tetap sulit tergantikan.
Apa pun masalahnya, Vario tetap menjadi pilihan setia bagi yang tak ingin beralih ke motor lain. Otoinfo.