Otoinfo.id – Bagi pengguna motor matic yang ingin performa kendaraannya lebih ringan dan responsif, mengganti mangkok kopling standar dengan versi racing bisa jadi pilihan menarik. Mangkok kopling atau yang sering juga disebut mangkok kampas ganda, merupakan salah satu komponen vital di sistem CVT motor matic.
Komponen ini bekerja menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang lewat gesekan dengan kampas kopling. Di pasaran, kini makin banyak tersedia versi racing dengan material dan desain yang lebih unggul.
Baca Juga: Biar Motor Matic Enteng & Nyaman Dipakai Harian, Ganti Komponen Ini Dulu!
Kelebihan Mangkok Kopling Racing Dibandingkan Standar
Menurut Syarifuddin, mekanik dari bengkel SRT Product di Bintara, Bekasi, penggunaan mangkok kopling racing memberikan dampak positif bagi performa harian motor.
“Mangkok kopling racing memiliki kelebihan bobot yang lebih ringan,” jelas Syarifuddin, yang akrab disapa Ateng.
Baca Juga: Jangan Asal Bersih! Ini Cara Aman Membersihkan V-Belt Motor Matic Biar Gak Cepat Rusak
Bobot Lebih Ringan, Tarikan Lebih Enteng
Karena bobotnya yang lebih ringan, beban kerja dari sistem CVT jadi berkurang. Hal ini membuat tarikan motor lebih ringan, terutama saat digunakan di kemacetan atau saat stop and go. Pengendara juga akan merasakan perpindahan tenaga yang lebih responsif, cocok untuk yang sering pakai motor matic buat harian di kota.
Selain itu, desain racing umumnya juga punya sirkulasi udara lebih baik, membuat suhu di dalam CVT lebih stabil dan memperpanjang usia kampas kopling.
Upgrade Sederhana, Efeknya Terasa
Mengganti mangkok kopling standar ke versi racing memang bukan hal wajib, tapi bagi yang ingin performa lebih maksimal dan tarikan yang terasa ringan, komponen ini patut dipertimbangkan. Pastikan memilih produk berkualitas dan lakukan pemasangan di bengkel terpercaya seperti SRT Product.
More Stories
Jangan Asal Bersih! Ini Cara Aman Membersihkan V-Belt Motor Matic Biar Gak Cepat Rusak
Nggak Perlu ke Bengkel! Ini Cara Ganti Bushing Arm Mobil Sendiri di Rumah
Jangan Sampai Kap Mesin Macet! Begini Cara Merawat Pengunci Kap Biar Awet dan Anti Karat