Raih Dua Gelar Juara Nasional Sport (250&150 cc) 2018, Ini Rahasia Knalpot Proliner Racikan ‘Professor’!

YZF-R15 Richard Taroreh (Kiri) dan CBR250RR Fitrinsyah Kete (Kanan) Andalkan Knalpot Proliner Raih Juara Nasional

OtoInfo.Id-Fakta bila dua gelar juara nasional sport 2018 yang diraih Fitriansyah Kete pada kelas 250 cc dan Richard Taroreh di kelas 150 cc andalkan knalpot Proliner. Itu adalah catatan sejarah sekaligus ‘rekor’ tersendiri bagi knalpot produk lokal yang diproduksi oleh PT. Gloria Karya Sukses (GKS) itu. Sebagai perusahaan pembuat knalpot terbesar di Indonesia yang berlokasi di kawasan industri Millenium, Tiga Raksa, Tangerang, Banten, PT. GKS memberi bukti kualitas dengan prestasi tadi.

Knalpot Proliner

Menarik diulik apa rahasia knalpot Proliner di Honda CBR 250RR pacuan Fitriansyah Kete (Astra Motor Racing Team Yogyakarta) dan Yamaha YZF-R15 milik Richard Taroreh (Yamaha 549 Kaboci). Adalah Arsyad Abbas akrab disapa Bang Acok, sosok profesional dibalik suksesnya knalpot Proliner dibalap sport nasional. Keahlian Bang Acok perihal knalpot balap membuatnya kerap dijuluki ‘Professor Knalpot’. Wow!

Arsyad Abbas Akrab Disapa Bang Acok (paling kiri) : Proffesor Knalpot

“Semua produk knalpot Proliner baik yang pasarkan secara umum maupun yang khusus support team balap semuanya sudah dilakukan riset terlebih dulu. Tujuannya jelas untuk memaksimalkan fungsi knalpot biar bisa  menghasilkan tenaga optimal pada setiap putaran mesin (rpm) . Hal inilah yang menjadi dasar rumusan menghasilkan knalpot berkualitas seperti Proliner. Pastinya, Proliner memang memiliki kelebihan di semua putaran, selain fungsi utamanya sebagai saluran gas buang,”terang Bang Acok.

Richard Taroreh

Dijelaskan lebih lanjut, “Umumnya knalpot khusus team balap didesain memiliki pipa terpisah yang diistilahkan dengan P1 dan P2, baru menyambung ke silencer. Baik untuk diameter yang gunakan maupun tekukan pipanya tergantung kebutuhan dan biasanya dikondisikan sesuai kapasitas engine. Kenapa harus dibuat terpisah? Alasan logisnya lebih untuk meredam getaran engine, dan memudahkan engine buildernya saat pemasangannya.  Sekaligus enak saat  memposisikan knalpot tadi sesuai keinginan engmekaniknya,”jelas Bang Acok seraya bilang sistem gas buang pada knalpot idealnya harus ada tahanan udara di dalam pipa guna menciptakan dorongan tenaga saat gasnya digeber. Mantap! Wawan