Otoinfo – Kawasaki merilis KLX 230SM SE 2023 bersamaan dengan versi motocross biasa, namun dengan tambahan embel-embel SE yang menandakan Special Edition. Motor ini digadang-gadang sebagai seri motor trail paling keren di kelasnya. Penasaran dengan KLX 230SM? Mari kita tinjau lebih dalam tentang motor supermotard yang satu ini.
Desain Kawasaki KLX 230SM
Desain Kawasaki KLX 230SM SE mempertahankan ciri khas motor dual purpose, tetapi edisi khusus ini menonjol dengan sentuhan eksklusif. Warna hitam yang garang dipadukan dengan aksen emas, mulai dari Upside Down hingga Velg, memberikan tampilan yang benar-benar istimewa.
Meskipun KLX 230SM SE bukan pengganti D-Tracker 250, perbedaan dengan versi SM adalah adanya aksesoris tambahan, seperti pelindung tangan, stang tipe besar, velg Alumit Gold, shock USD gold, pelindung frame, dan skid plate. Perbedaan lainnya adalah pada ketinggian tempat duduk yang sedikit lebih tinggi untuk versi SE.
Performa Mesin yang Mengagumkan
Kawasaki KLX 230SM SE dibekali mesin 233cc dengan tiga fitur utama: tenaga stabil, rangka yang kokoh, dan kemampuan tinggi. Mesin ini memiliki tenaga 18,7 HP dan torsi maksimum 19,8 Nm. Akselerasinya sangat kuat, mampu melakukan wheelie dengan mudah di gigi 2.
Dengan tinggi badan 165cm, motor ini memberikan kenyamanan yang baik. Postur tegak dan jok kecil/panjang dengan porsi depan lebih banyak memberikan posisi duduk yang nyaman. Meskipun jok tipis, motor ini tetap stabil pada kecepatan tinggi.
Spesifikasi Mesin Kawasaki KLX 230SM
- Power Maksimum 14.0 kW {19 PS} / 7,600 rpm
- Torsi Maksimum 19.8 Nm {2.0 kgfm} / 6,100 rpm
- Jenis Mesin Air-cooled, 4-stroke Single
- Volume Silinder 233 cc
- Diameter x Langkah 67.0 x 66.0 mm
- Perbandingan Kompresi 9.4:1
- Sistem Katup SOHC, 2 valves
- Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel injection: ø32 mm x 1
- Sistem Pengapian Digital
- Start Electric
- Transmission 6-speed, return
- Primary Reduction Ratio 2.871 (89/31)
- Final Reduction Ratio 3.071 (43/14)
- Kopling Wet multi-disc, manual
- System Final Drive Type Chain
Tipe Rangka Perimeter, high-tensile steel Kawasaki KLX 230SM
- Suspensi Depan ø37 mm inverted fork
- Suspensi Belakang New Uni Trak with adjustable spring preload
- Wheel Travel Depan 204 mm
- Wheel Travel Belakang 168 mm
- Sudut Putar / Trail 26.5° / 86 mm
- Roda Depan 110/70-17M/C 54P
- Roda Belakang 120/70-17M/C 58P
- Rem Depan ø300 mm semi-floating petal disc
- Kaliper Depan Twin-piston
- Rem Belakang ø220 mm petal disc
- Kaliper Belakang Single-piston
Kestabilan dan Manuver yang Luar Biasa
Sasis perimeternya memberikan kestabilan dan kekokohan yang diperlukan untuk berbagai kondisi jalan. Suspensi USD yang disetting untuk aspal membuatnya lincah dalam bermanuver di dalam kota. Kestabilan di atas 100km/jam tetap terjaga dengan baik.
Kelebihan:
- Tenaga besar
- Akselerasi kuat
- Stabil dan lincah
- Konsumsi bahan bakar cukup irit (34km/liter)
Kekurangan:
- Mesin terkesan konvensional
- Kabel rem depan menghalangi pandangan speedometer
- Grip ban standar
Rumornya, Harga Kawasaki KLX 230SM SE adalah Rp56.7 juta. Dengan kelebihan tenaga, akselerasi kuat, dan desain eksklusif, motor ini menjadi pilihan menarik dalam kelasnya. Otoinfo.
More Stories
Ada yang Baru dari Proliner, Knalpot Pro-X Lebih Keren dengan Suara Ramah!
Kaliper Rem Belakang RCB E-45, Pilihan Tepat untuk Pengereman Lebih Responsif
Keren! Velg RCB Forged Dipakai Para Pemenang Sport 150 di Mandalika Racing Series 2025 Seri 3