Otoinfo – Jaguar-Land Rover (JLR), merek mobil mewah yang terkenal di seluruh dunia, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mulai merakit model Range Rover dan Range Rover Sport di India. Ini merupakan langkah strategis pertama bagi JLR dalam memproduksi Mobil tersebut di luar Inggris, yang bertujuan untuk memangkas harga bagi pasar Asia.
Langkah ini didorong oleh biaya pengiriman yang sangat mahal dari Inggris ke negara-negara Asia. Dengan merakit kendaraan di India, JLR berharap dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif, mengurangi waktu tunggu, dan memenuhi permintaan yang terus meningkat di wilayah ini.
Model-model Mobil tersebut yang dirakit di India akan tersedia secara eksklusif untuk pasar India. Hal ini memungkinkan waktu tunggu yang lebih singkat bagi pelanggan, terutama karena semakin banyak konsumen di Asia yang tertarik dengan kemewahan dan performa Range Rover.
Sebelumnya, semua model Mobil tersebut diproduksi secara eksklusif di pabrik Solihull di Inggris, yang dikenal sebagai “rumah global Range Rover.” Namun, dengan perubahan ini, beberapa model Range Rover akan dirakit dari komponen knock-down di pabrik Pune, India. Pabrik ini, yang terletak di dekat ibu kota Mumbai, dimiliki oleh Tata Motors, perusahaan induk JLR.
Sejak tahun 2011, pabrik Pune telah menjadi pusat produksi untuk sepuluh produk JLR lainnya yang dirancang untuk pasar India. Produksi ini dimulai dengan Land Rover Freelander dan kini termasuk model seperti Range Rover Evoque, Range Rover Velar, Jaguar F-Pace, dan Land Rover Discovery Sport.
Chief Commercial Officer JLR, Lennard Hoornik, menyatakan, “India telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan luar biasa selama beberapa tahun terakhir, dan diharapkan melanjutkan lintasan ini dalam waktu dekat.” Hoornik juga menegaskan bahwa meskipun Mobil tersebut sekarang akan menjadi ‘Made in India’ untuk pasar lokal, desain khas Inggris yang mewah dan canggih akan tetap menjadi ciri utama merek Range Rover.
Untuk model yang akan dirakit di India, Range Rover akan tersedia dalam dua trim utama: Autobiography dan HSE. Trim Autobiography akan dilengkapi dengan powertrain bensin 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 393 hp (293 kW/398 PS), sementara trim HSE akan menggunakan mesin diesel 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 346 hp (258 kW / 351 PS).
Dari segi harga, trim Autobiography dijual dengan harga 260 lakh rupee atau sekitar Rp 5 miliar, sedangkan trim HSE akan mulai dari 236 lakh rupee atau sekitar Rp 4,5 miliar. Harga yang lebih kompetitif ini diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen di pasar India dan Asia secara keseluruhan.
Dengan langkah ini, JLR menunjukkan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia yang berkembang pesat sambil mempertahankan standar tinggi dari desain dan teknologi khas Inggris. Produksi lokal ini tidak hanya akan membantu mengurangi biaya, tetapi juga mendekatkan produk mereka dengan konsumen di wilayah ini, memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan lebih cepat. Otoinfo.