Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Regulasi MotoGP 2027: Mesin 850cc dan Perubahan Besar-besaran

Regulasi MotoGP 2027 Mesin 850cc dan Perubahan Besar-besaran

Otoinfo – Pada MotoGP Prancis 2024, kabar yang dinantikan oleh para penggemar akhirnya tiba: regulasi MotoGP 2027 telah diumumkan secara resmi.

Regulasi baru ini, yang akan berlaku mulai tahun 2027, membawa sejumlah perubahan besar terutama dalam hal teknis.

Salah satu perubahan regulasi motogp yang paling mencolok adalah penurunan kubikasi mesin, dari 1.000 cc yang berlaku sejak 2012 menjadi 850 cc mulai 2027.

Dengan bore maksimum yang diturunkan dari 81 mm menjadi 75 mm, setiap pabrikan memiliki ruang untuk mengembangkan konsep mereka masing-masing.

Penurunan Kapasitas Mesin: Lebih Aman dan Ramah Lingkungan

Penurunan kapasitas mesin ini bertujuan untuk mengurangi kecepatan maksimum, menjadikan balapan lebih aman, dan menghasilkan mesin yang lebih andal, efisien, serta ramah lingkungan.

Baca Juga:  Bethar Racing Fight Habis 2025? Siap Acak-Acak Peta Persaingan Balap Nasional

Jumlah mesin yang dapat digunakan oleh setiap pembalap dalam satu musim juga dikurangi, dari tujuh unit menjadi enam unit saja.

Regulasi MotoGP 2027 Mesin 850cc dan Perubahan Besar-besaran

Bahan Bakar Berkelanjutan dan Pengurangan Konsumsi

Demi efisiensi, regulasi menetapkan bahan bakar yang digunakan harus 100% berkelanjutan mulai motogp 2027.

Saat ini, hanya sekitar 40% bahan bakar yang digunakan di motor MotoGP yang bersifat berkelanjutan.

Kapasitas tangki bahan bakar juga dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter, dengan jatah maksimal bahan bakar untuk sprint sebesar 11 liter.

Perubahan Signifikan dalam Aerodinamika

Area aerodinamika juga mengalami perombakan besar-besaran untuk mengendalikan pengembangan yang terlalu agresif.

Baca Juga:  Hasil Lengkap Oneprix 2019 Tasikmalaya Seri 2 (Minggu)

Dimensi fairing akan dibatasi lebih ketat, dengan lebar fairing depan yang dikurangi 50 mm dan ujung depan yang dimundurkan sejauh 50 mm.

Tujuannya adalah mengurangi dampak aliran udara yang dapat membahayakan pembalap di belakang.

Pembatasan Upgrade dan Fokus pada Keselamatan

Regulasi mengenai bagian belakang motor akan menjadi bagian yang dihomologasi mulai motogp 2027, dengan setiap tim hanya diizinkan melakukan upgrade sekali saja untuk menghemat biaya.

Selain itu, device ride height dan holeshot akan dilarang untuk meningkatkan keselamatan dan memaksimalkan keterampilan pembalap saat start.

Keterbukaan Data untuk Persaingan yang Lebih Adil

Data GPS dari setiap pembalap dan motor akan diserahkan ke semua tim setelah setiap sesi, meningkatkan keterbukaan kompetisi sehingga tim dan pembalap yang tertinggal dapat melihat data dari tim-tim kompetitif.

Baca Juga:  Mengungkap Rahasia Motor Kawasaki Z900 Pilihan Paspampres dalam Pengawalan Capres dan Cawapres

Konsesi Dinamis untuk Pengembangan Motor

Konsesi yang diperkenalkan sejak akhir 2023 akan berlanjut untuk sementara waktu.

Namun, dengan hadirnya regulasi teknis baru mulai motogp 2027, semua pabrikan akan dimasukkan ke dalam kategori konsesi rank B.

Kategori konsesi akan diperbarui di pertengahan musim, dengan tim-tim yang naik atau turun peringkat.

Naik peringkat ke rank A akan berarti kehilangan banyak keuntungan, sementara turun peringkat ke rank C atau D akan menghasilkan lebih banyak konsesi.

Dengan demikian, konsesi memiliki sifat yang dinamis, dan perubahan dalam hak-hak pabrikan dalam konsesi harus diantisipasi sebagai bagian dari kompetisi yang berlangsung. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.