Otoinfo – All New Honda Beat Street akhirnya mendapatkan pembaruan yang signifikan. Setelah sekian lama, baru ada pembaharuan yang lebih berarti dengan tambahan teknologi canggih. Tidak seperti sebelumnya, yang hanya memberikan perubahan warna saja ya besti hehe.
First Ride
Performa mesinnya memang tidak berubah signifikan, namun yang menarik adalah perubahan pada ukuran roda dari 14 inci menjadi 12 inci. Kami melakukan uji coba di lintasan Safety Riding and Training Center AHM di GICC, Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Meskipun waktu pengujian terbatas, lintasan yang disediakan cukup beragam, menyerupai kondisi perkotaan.
Lintasan yang dilalui termasuk jalur berkelok dan trek lurus. Area tersebut dirancang untuk menguji kelincahan Beat Street di sudut sempit, meski menggunakan setang lebar. Saat pertama kali duduk di atasnya, rasanya tidak ada perbedaan signifikan dengan model sebelumnya. Namun, meski memakai roda lebih kecil, ground clearance meningkat dari 147 mm menjadi 148 mm.
Saat dikendarai, All New Honda Beat Street memberikan kesan yang mirip dengan New Genio. Handlingnya sangat lincah dan mudah dikendalikan, terutama saat melintasi pembatas cone. Kombinasi teknologi rangka eSAF, bobot lebih ringan, setang lebar, dan ban ‘donat’ ukuran 100/90 depan dan 110/90 belakang memberikan dampak positif. Motor ini sangat gesit dan stabil, bahkan saat menikung tajam, standar tengahnya bisa menyentuh aspal.
Karakter Suspensi
Karakter suspensinya masih sama dengan model sebelumnya, cukup empuk baik di depan maupun belakang. Meskipun tidak ada area rintangan, kami yakin suspensi ini tidak mudah mentok karena jarak mainnya cukup panjang. Namun, hasilnya bisa berbeda jika digunakan untuk berboncengan. Penggunaan teleskopik dan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal sudah lebih dari cukup untuk skutik mungil ini.
Akselerasi dan Sistem Pengereman
Akselerasinya cukup responsif pada putaran rendah, sehingga ideal untuk penggunaan harian, terutama di perkotaan yang padat. Untuk sistem pengereman, Honda tetap mempertahankan rem cakram hidrolik piston tunggal di depan dan tromol di belakang, serta sistem combi brake. Tidak ada perubahan signifikan di sektor ini, sama dengan skutik Honda lainnya.
Fitur Tambahan
Tipe CBS, Deluxe, dan Street kini dilengkapi dengan sistem alarm yang dapat diaktifkan tanpa remote, cukup dari rumah kunci. Cara mengaktifkannya cukup dengan memutar kunci ke on dan off sebanyak dua kali dalam tiga detik, dan indikator alarm akan menyala merah selama 60 detik sebelum mulai berkedip, menandakan alarm sudah aktif.
Secara keseluruhan, All New Honda Beat Street tidak hanya mengandalkan tampilan, tetapi juga dilengkapi dengan komponen penunjang kenyamanan dan keamanan yang telah ditingkatkan. Tidak heran jika skutik ini masih menjadi favorit di Indonesia. Otoinfo.