Otoinfo.id – Yamaha Aerox generasi terbaru alias Aerox Alpha sudah dibekali rem belakang cakram, berbeda dengan Aerox generasi lama yang masih mengandalkan sistem rem tromol. Kabar baiknya, rem cakram belakang Aerox Alpha bisa dipasang di Aerox lama dengan part original.
Menurut Muhammad Muqodas, Sales Part Counter bengkel resmi Yamaha Lancar Langgeng Banjarnegara, proses pemasangan ini tergolong plug and play alias minim ubahan. Meski begitu, ada beberapa komponen yang harus diganti agar sistem rem bisa bekerja dengan sempurna.
Part yang Harus Diganti untuk Pasang Cakram Belakang Aerox
1. Pelek Belakang
Pelek Aerox lama harus diganti dengan milik Aerox Alpha karena sudah mendukung dudukan cakram. Harga pelek ini sekitar Rp 1,7 juta.
2. Piringan Cakram dan Swing Arm
Piringan atau disc brake bisa memakai milik All New NMAX, begitu juga swing arm karena sudah tersedia dudukan kalipernya.
3. Master Rem dan Slang Rem
Aerox lama masih menggunakan handel rem polos. Agar bisa menekan cakram, master rem harus diganti dengan tipe 2DP atau B6H yang harganya sekitar Rp 440 ribuan. Slang rem juga perlu diganti dengan ukuran yang lebih panjang.
Baca Juga: Ban dan Rem Fit X: Ban 17″ Bertekstur Aman + Rem Cakram Hidrolik Depan
4. Kaliper Rem Belakang
Kaliper rem belakang bisa menggunakan milik All New NMAX dengan harga sekitar Rp 481 ribu lengkap dengan piston.
5. Gearbox Cover atau Gardan
Cover gearbox Aerox lama juga wajib diganti dengan versi khusus cakram belakang. Tujuannya agar tidak ada dudukan kampas rem tromol. Untuk isian gardan, cukup mengganti bearing agar hasilnya lebih presisi.
Estimasi Biaya Pasang Rem Cakram Belakang Aerox
Total biaya yang perlu disiapkan untuk upgrade rem cakram belakang Aerox lama adalah sekitar Rp 4 – 4,5 juta termasuk ongkos jasa bengkel. Meski terdengar cukup besar, pemasangan ini membuat pengereman Aerox lama lebih maksimal dan modern.
Baca Juga: Bikin Makin Aman dan Gagah! Honda Supra X 125 FI Kini Punya Rem Cakram Depan Belakang
Tips Penting Saat Upgrade Rem Cakram Belakang Aerox
-
Gunakan part original Yamaha agar lebih awet dan presisi.
-
Pastikan pemasangan dilakukan di bengkel resmi atau mekanik berpengalaman.
-
Periksa kondisi slang rem dan minyak rem secara berkala.
-
Perlu sedikit ubahan pada batok stang untuk dudukan master rem, tetapi selain itu part lain cukup plug and play.
Pasang rem cakram belakang Aerox baru ke Aerox lama memang membutuhkan biaya sekitar Rp 4,5 juta. Namun, peningkatan kenyamanan dan keamanan berkendara sepadan dengan investasi tersebut. Dengan komponen yang kompatibel dan minim ubahan, upgrade ini bisa jadi pilihan tepat untuk pemilik Aerox generasi lama yang ingin sistem pengereman lebih modern.
More Stories
Awas Suka Menunda, Ini yang Bikin Suara Mesin Yamaha NMAX Jadi Kasar
Segini Biaya Flushing Radiator Daihatsu Terios di Bengkel Umum
Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Kosong, Jangan Disepelekan