Otoinfo.id
Sign In
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Notification
HeadlineRacing

Perdana Tampil, F1ZR AG Style Gold Family Pecah Telur di Black Drag Bike 2025 Purwokerto

HeadlineRacing

Robby Sakera Bangkit di Race 2 ARRC Malaysia, Amankan Podium Kedua Kelas AP250

HeadlineRacing

Alfi Husni Juara Asia UB150 ARRC 2025, MCR Racing Parts sebagai Pendukung Performa!

HeadlineRacing

Istimewa! Alfi Husni Kunci Gelar Juara Asia di Kelas UB150 ARRC 2025 Seri 5 Malaysia

Font ResizerAa
Otoinfo.idOtoinfo.id
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Search
  • Home
  • Product
  • Headline
  • Info
  • Racing
  • Honda
  • Yamaha
  • Community
  • Tips
  • Agenda
  • Lainnya
Sign In Sign In
Follow US
Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Otoinfo.id > Blog > Info > Sejarah Nissan GT-R: Dari Skyline Legendaris hingga Julukan “Godzilla”
Info

Sejarah Nissan GT-R: Dari Skyline Legendaris hingga Julukan “Godzilla”

Wawan
Last updated: 22/08/2025 09:29
By Wawan
3 Min Read
Sejarah Nissan GT-R: Dari Skyline Legendaris hingga Julukan “Godzilla”
Sejarah Nissan GT-R: Dari Skyline Legendaris hingga Julukan “Godzilla”
SHARE

Otoinfo.id – Nissan GT-R adalah salah satu mobil sport paling legendaris yang pernah lahir dari Jepang. Mobil ini pertama kali diluncurkan di pasar domestik Jepang pada 6 Desember 2007, lalu menyusul di Amerika Serikat pada 7 Juli 2008, sebelum akhirnya dipasarkan secara global pada Maret 2009. Kehadirannya langsung menarik perhatian dunia otomotif karena menyandang status sebagai penerus Nissan Skyline GT-R.

Contents
  • Evolusi dari Skyline GT-R ke GT-R R35
    • Warisan Skyline GT-R
    • Transformasi Menjadi Nissan GT-R
  • Mesin Baru: VR38DETT
  • Julukan “The Godzilla”
    • About The Author
      • Wawan

Sejarah GT-R tidak bisa dilepaskan dari lini Skyline GT-R yang diproduksi antara 1969–1974 dan kemudian bangkit lagi pada periode 1989–2002. Kedua era tersebut menghadirkan ikon otomotif yang dicintai para penggemar mobil sport, dengan reputasi kecepatan dan performa di lintasan balap.

Evolusi dari Skyline GT-R ke GT-R R35

Warisan Skyline GT-R

Skyline GT-R dikenal dengan kode BNR32, BCNR33, hingga BNR34. Mobil-mobil tersebut identik dengan mesin RB26DETT, sebuah mesin 2.600 cc 6 silinder segaris twin-turbo yang sanggup menghasilkan performa tinggi dan menjadi legenda di dunia motorsport.

Transformasi Menjadi Nissan GT-R

Ketika memasuki era baru, Nissan memutuskan untuk melepas nama Skyline dari GT-R. Maka lahirlah Nissan GT-R R35, dengan kode sasis CBA-R35 (dan DBA-R35 untuk model 2013). Meskipun nama Skyline tak lagi disematkan, GT-R tetap dianggap sebagai penerus sah garis keturunan mobil sport ikonik tersebut.

Baca Juga: Segini Konsumsi BBM Nissan Serena C26, Pemakai Beberkan Fakta Iritnya

Mesin Baru: VR38DETT

Perubahan besar terjadi pada jantung pacu. Nissan meninggalkan mesin RB26DETT dan menggantinya dengan VR38DETT, sebuah mesin V6 twin-turbo 3.800 cc yang lebih bertenaga. Dengan konfigurasi baru ini, GT-R R35 mampu memberikan akselerasi brutal sekaligus stabilitas tinggi berkat sistem penggerak empat roda (AWD).

Meski mesin berganti, DNA Skyline GT-R tetap terlihat jelas, terutama pada desain lampu belakang bundar yang menjadi ciri khas sejak generasi awal.

Julukan “The Godzilla”

Sejak generasi Skyline GT-R BNR32, mobil ini sudah dijuluki “Godzilla” oleh media otomotif Australia. Julukan tersebut melekat hingga ke generasi R35 karena reputasinya sebagai “monster Jepang” yang mampu menaklukkan supercar Eropa di lintasan balap maupun jalan raya.

Bagi para penggemar otomotif, Nissan GT-R bukan hanya sekadar mobil sport, melainkan ikon budaya otomotif Jepang yang membuktikan kemampuan insinyur Negeri Sakura bersaing di panggung dunia.

Baca Juga: Sudah Mulai Berumur, Penyakit Khas Nissan Serena Ini Perlu Diwaspadai

Sejarah Nissan GT-R adalah perjalanan dari Skyline GT-R legendaris menuju supercar modern yang masih mempertahankan DNA aslinya. Dengan evolusi mesin dari RB26DETT ke VR38DETT, serta performa tinggi yang konsisten, GT-R tetap menjadi simbol kekuatan, inovasi, dan kecepatan.

Tak heran jika hingga kini, GT-R masih dipanggil dengan julukan ikoniknya: “The Godzilla”, monster jalanan yang lahir dari Jepang dan ditakuti oleh para rivalnya di seluruh dunia.

About The Author

Wawan

See author's posts

Join Our Newsletter
Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!
[mc4wp_form]
TAGGED:Godzilla Nissanmesin VR38DETTmobil sport Jepangnissan gt-rnissan gt-r r35sejarah Nissan GT-RSkyline GT-R
Share This Article
Facebook Email Copy Link

You Might Also Like

Keunggulan SUV Tangguh dan Berkelas! Nissan Terra VL 4×4 2023
InfoProduct

Keunggulan SUV Tangguh dan Berkelas! Nissan Terra VL 4×4 2023

By Isdiyanti
23/12/2023
HeadlineInfo

Tim Yamaha Racing Indonesia dan Media Donasikan Hadiah Balap Ketahanan untuk Anak Yatim Piatu

By otoinfo
25/09/2019
Honda WR-V dan Brio, Mobil Terlaris di Pasar Indonesia
Info

Honda WR-V dan Brio, Mobil Terlaris di Pasar Indonesia

By Rifqi Fauzan
22/12/2023
Honda BeAT Panik, Suzuki Meluncurkan Skutik Skydrive 115cc
HeadlineInfoProduct

Honda BeAT Panik, Suzuki Meluncurkan Skutik Skydrive 115 CC

By Sandy
17/09/2023
Kredit Yamaha Xmax Tech Max 2024: Uang Muka Mulai Rp 7,13 Juta
Info

Kredit Yamaha Xmax Tech Max 2024: Uang Muka Mulai Rp 7,13 Juta

By Rifqi Fauzan
14/12/2023
"Panduan Pilih Kampas Rem Toyota Agya Bekas: Harga dan Tips Terkini"
InfoProduct

Komponen Wajib Cek Sebelum Beli Agya Bekas

By Gani Gandoel
14/11/2023

Foxiz Car

Made by ThemeRuby using the Foxiz theme. Powered by WordPress
Don't not sell my personal information
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?

Forget Password