Otoinfo.id – Honda BeAT adalah motor matik yang terkenal bandel, hemat BBM, dan cocok untuk penggunaan harian. Tapi sayangnya, banyak pengguna yang sering mengabaikan perawatan ringan yang justru sangat penting untuk menjaga kehalusan dan usia mesin.
Dikutip dari laman resmi Astra Honda Motor (AHM) dan pengalaman teknisi bengkel resmi, berikut ini empat tips penting yang sering disepelekan tapi punya dampak besar terhadap ketahanan mesin Honda BeAT.
1. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan
Meskipun terlihat sepele, memanaskan mesin setiap pagi selama 5–7 menit sangat penting untuk menjaga sirkulasi oli di dalam mesin.
Tanpa pemanasan, oli belum menyebar merata dan komponen dalam mesin saling bergesekan tanpa pelindung yang cukup. Inilah salah satu penyebab mesin cepat kasar dan aus.
Tips tambahan: Gunakan kick starter saat memanaskan mesin untuk membantu menjaga usia aki.
Baca Juga: Cuma Rp 80! MRT, LRT, dan Transjakarta Super Murah di 17 Agustus 2025, Catat Tanggalnya!
2. Jangan Skip Servis Berkala
Honda merekomendasikan servis rutin setiap 2.000 km atau 2 bulan, terutama untuk penggantian oli dan pengecekan komponen vital seperti filter udara, busi, dan sistem injeksi.
Servis berkala bukan cuma untuk memperbaiki kerusakan, tapi lebih pada pencegahan agar mesin tetap dalam kondisi optimal.
Datanglah ke bengkel resmi agar motor dicek dengan alat yang sesuai standar pabrik dan dikerjakan oleh mekanik bersertifikat.
3. Pakai BBM Sesuai Rekomendasi Pabrik
Rasio kompresi mesin Honda BeAT yang 10:1 menuntut penggunaan BBM dengan oktan minimal 90, seperti Pertalite. Penggunaan BBM di bawah spesifikasi akan menyebabkan mesin knocking atau ngelitik, sehingga performa menurun dan komponen cepat aus.
Sebaliknya, BBM beroktan terlalu tinggi juga kurang optimal karena pembakarannya jadi tidak sempurna. Ikuti rekomendasi buku manual untuk hasil terbaik.
4. Rutin Periksa Kondisi ECU
Honda BeAT sudah mengadopsi sistem injeksi yang dikontrol oleh Electronic Control Unit (ECU). Jika ECU bermasalah, motor bisa mogok, sulit dinyalakan, atau bahkan konsumsi BBM jadi boros.
Baca Juga: Pilihan Warna Honda BeAT 2025: Bikin Anak Muda Makin Gaya, Ada yang Mewah Juga!
Karena itu, pengecekan ECU secara berkala di bengkel resmi sangat disarankan, terutama jika mulai terasa gejala tidak normal pada tarikan motor.
Perawatan Kecil, Dampak Besar
Merawat mesin Honda BeAT agar tetap halus dan tahan lama tidak butuh biaya mahal. Cukup dengan empat langkah ringan yang sering diabaikan tadi, kamu bisa menjaga performa motor tetap optimal setiap hari.
Ingat, semakin rutin dirawat, semakin hemat biaya perbaikan ke depannya. Jadi, rawat motor kamu mulai sekarang agar tetap nyaman dikendarai dalam jangka panjang!
More Stories
Honda PCX160 Roadsync Jadi Primadona di GIIAS 2025, Stylo 160 dan Vario Juga Banjir Peminat!
Lampu Depan Compact CRF 150L: Pencahayaan Tajam di Medan Gelap, Siap Taklukan Malam!
Aksesori & Fitur Tambahan yang Pas untuk New CRF 150L: Biar Makin Garang & Fungsional!